Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4299
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNUR, FARADILLAH AZDINA-
dc.contributor.author227015022-
dc.contributor.authorHasibuan, Ahmad Laut-
dc.date.accessioned2025-01-08T02:10:14Z-
dc.date.available2025-01-08T02:10:14Z-
dc.date.issued2024-07-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4299-
dc.description.abstractPenggunaan Bahasa Indonesia yang memiliki interaksi ketika kbm Bahasa Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik secara menyuruh dalam kegiatan KBM berlangsung. Hal ini disebabkan karena dapat memudahkan proses komunikasi yang baik antara guru dengan siswa yang memiliki ujaran yang mengacu kepada interaksi dalam bidang komunikasi, baik itu secara perintah, pertanyaan,pernyataan, nasihat maupun yang lain. Kegiatan ini dilakukan guru biasanya ketika membuka pelajaran (opening act) dan menutup pelajaran (closing act), tetapi juga harus mampu dalam menggunakan komunikasi yang berisi candaan, gurauan maupun memuat kritikan-kritikan yang halus seperti “kurang tepat” ketika menyanggah ucapan murid yang tidak tepat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sebagaimana jenis tindak tuturan yang sering digunakan guru maupun siswa ketika melakukan komunikasi di SMAS YAPIM MEDAN ketika KBM Bahasa Indonesia berlangsung. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode mix methode, yang dimana metode ini melakukan tindakan kelas selama KBM berlangsung dan menggabungkan antara metode analisis kualitiatif dengan kuantitatif, sehingga menghasilkan instrument penelitian yang melibatkan antara komunikasi guru dan siswa yang dapat ditarik kesimpulannya menggunakan hasil perhitungan dari komunikasi tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan data yang dapat ditinjau keberhasilannya dalam berkomunikasi, yaitu tindak tutur yang berbasis tanpa ada bas abasi, dan tindak tuturan yang memiliki fungsi dalam komunikasi. Dari hasil analisis data yang dilakukan, dttemukan memiliki strategi dalam bertindak tuturan ditemukan 25 tuturan secara lokusi, 30 tuturan secara ilokusi dan 20 tuturan secara perlokusi.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 12 2024 PPS PEND.INDen_US
dc.subjectKBM Bahasa Indonesiaen_US
dc.subjectInteraksi Guru dan Siswaen_US
dc.subjectPenelitian Mix Methodeen_US
dc.subjectTindak Tuturanen_US
dc.titleTINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI DAN PERLOKUSI PADA KBM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI IPA SMAS YAPIM MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024en_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I.docxBAB I114.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II129.7 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III115.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV154.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docxBAB V105.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK1.46 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA1.1 MBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER94.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI30.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA28.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR1.27 MBMicrosoft Word XMLView/Open
SURAT PERNYATAAN.docxSURAT PERNYATAAN.docx1.01 MBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN.docxTANDA PERSETUJUAN.docx1.03 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.