Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4300
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRITONGA, ISLAH HAYATI-
dc.contributor.author227015017-
dc.contributor.authorArfanti, Yulia-
dc.date.accessioned2025-01-08T02:23:19Z-
dc.date.available2025-01-08T02:23:19Z-
dc.date.issued2024-07-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4300-
dc.description.abstractPada penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui: 1) Pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek di kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu Tahun Pembelajaran 2023-2024; 2) Perbedaan kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik dengan pendekatan Contectual Learning Teaching (CTL) pada kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu Tahun Pembelajaran 2023-2024. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu Tahun Pembelajaran 2023-2024 sebanyak 7 kelas, setiap kelas 36 orang. Populasi dari penelian ini adalah 252 Orang. Teknik penarikan sampel yang digunkan adalah dengan teknik classter random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 36 anak. Teknik pengumpulan data dengan instrument berupa tes data kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t ini menggunakan two tailed-Paired Sample T Test (dua pihak-sampel berpasangan) pada taraf signifikan α=0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerpen pada kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantauprapat. Hal ini diketahui berdasarkan pengujian uji t dari pendektan saintifik pada pre tes dan post test adalah (thitung 2,54 > ttable 1,99). Sedangkan pada pendekatan CTL saat pre test dan post test berdasarkan hasil uji t menyatakan bahwa (t hitung 0,05 < ttable 1,99); (2)Terdapat perbedaan kemapuan siswa dalam menulis cerpen dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifk dengan pendekatan yang menggunakan pendekatan CTL. Hal ini diketahui berdasarkan hasil uji t yaitu (thitung 2,03 > ttable 1,99).en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 1 2025 PPS PEND.INDen_US
dc.subjectPendekatan saintifiken_US
dc.subjectkompetensi, menulisen_US
dc.subjectcerita pendeken_US
dc.titleIMPLEMENTASI PENDEKATAN STRATEGI SAINTIFIC LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SISWA DALAM MENULIS CERITA PENDEK KELAS VIII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 25 RANTAUPRAPAT KABUPATEN LABUHAN BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024en_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docABSTRAK670.5 kBMicrosoft WordView/Open
BIODATA MAHASISWA.docBIODATA MAHASISWA1.13 MBMicrosoft WordView/Open
COVER.docCOVER119 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI46 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docDAFTAR PUSTAKA41 kBMicrosoft WordView/Open
KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR487.5 kBMicrosoft WordView/Open
Lampiran.docLampiran925 kBMicrosoft WordView/Open
SURAT PERNYATAAN.docBIODATA MAHASISWA660.5 kBMicrosoft WordView/Open
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docTANDA PERSETUJUAN TESIS512 kBMicrosoft WordView/Open
BAB I.docBAB I144.5 kBMicrosoft WordView/Open
BAB II.docBAB II209.5 kBMicrosoft WordView/Open
BAB III.docBAB III295 kBMicrosoft WordView/Open
BAB IV.doc
  Restricted Access
BAB IV328.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB V.docBAB V126 kBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.