Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4315
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRAHMAWATI-
dc.contributor.author227015013-
dc.contributor.authorSutikno-
dc.date.accessioned2025-01-09T07:49:04Z-
dc.date.available2025-01-09T07:49:04Z-
dc.date.issued2024-06-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4315-
dc.description.abstractMelalui kegiatan menulis seseorang dapat mengungkapkan pikiran dan gagasan untuk mencapai maksud dan tujuan.Tujuan penelitian ini adalah:(1).Untuk mendeskripsikan proses pengembangan model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SD UPT SPF Nomor 101826 Tuntungan Pancur Batu. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD UPT SPF No. 101826 Tuntungan Pancur Batu tahun pembelajaran 2023-2024. Objek penelitian terhadap penelitian ini adalah model pembelajaran menulis, yaitu model pembelajaran kolaboratif yang diimplementasikan pada siswa kelas V. Hasil penelitiannya diperoleh: (1). Proses pengembangan model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas V SD UPT SPF Nomor 101826 Tuntungan Pancur Batu yaitu 1) mengorientasikan siswa, 2) membentuk kelompok, 3) menyusun tugas pembelajaran, 4) memfasilitasi kolaborasi siswa dan 5) memberi nilai dan mengevaluasi pembelajaran kolaboratif. (2).Hasil validasi menunjukkan bahwa pada aspek kelayakan materi diperoleh skor rata-rata validasi 4,19 dengan kategori baik, kemudian pada aspek kelayakan penyajian materi diperoleh skor rata-rata validasi sebesar 4 dengan kategori baik dan pada aspek kelayakan bahasa diketahi skor rata-rata validasi adalah 4,2 dengan kategori baik. (3) Model pembelajaran kolaboratif efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas V SD UPT SPF Nomor 101826 Tuntungan Pancur Batu.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 11 2025 PPS PEND.INDen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectKeterampilan Menulisen_US
dc.subjectModel Kolabratifen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SD UPT SPF NOMOR 101826 TUNTUNGAN PANCUR BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024en_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docABSTRAK457.5 kBMicrosoft WordView/Open
biodata mahasiswa.docbiodata mahasiswa372.5 kBMicrosoft WordView/Open
COVER.docCOVER629.5 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI280.5 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docDAFTAR PUSTAKA273.5 kBMicrosoft WordView/Open
KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR280 kBMicrosoft WordView/Open
Lampiran.docLampiran614.5 kBMicrosoft WordView/Open
SURAT PERNYATAAN.docBIODATA MAHASISWA370 kBMicrosoft WordView/Open
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docTANDA PERSETUJUAN TESIS363 kBMicrosoft WordView/Open
BAB I.docBAB I316.5 kBMicrosoft WordView/Open
BAB II.docBAB II378.5 kBMicrosoft WordView/Open
BAB III.docBAB III480.5 kBMicrosoft WordView/Open
BAB IV.doc
  Restricted Access
BAB IV1.08 MBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB V.docBAB V289.5 kBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.