Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4315
Title: | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SD UPT SPF NOMOR 101826 TUNTUNGAN PANCUR BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024 |
Authors: | RAHMAWATI 227015013 Sutikno |
Keywords: | Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Menulis Model Kolabratif |
Issue Date: | 4-Jun-2024 |
Publisher: | Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 11 2025 PPS PEND.IND |
Abstract: | Melalui kegiatan menulis seseorang dapat mengungkapkan pikiran dan gagasan untuk mencapai maksud dan tujuan.Tujuan penelitian ini adalah:(1).Untuk mendeskripsikan proses pengembangan model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SD UPT SPF Nomor 101826 Tuntungan Pancur Batu. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD UPT SPF No. 101826 Tuntungan Pancur Batu tahun pembelajaran 2023-2024. Objek penelitian terhadap penelitian ini adalah model pembelajaran menulis, yaitu model pembelajaran kolaboratif yang diimplementasikan pada siswa kelas V. Hasil penelitiannya diperoleh: (1). Proses pengembangan model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas V SD UPT SPF Nomor 101826 Tuntungan Pancur Batu yaitu 1) mengorientasikan siswa, 2) membentuk kelompok, 3) menyusun tugas pembelajaran, 4) memfasilitasi kolaborasi siswa dan 5) memberi nilai dan mengevaluasi pembelajaran kolaboratif. (2).Hasil validasi menunjukkan bahwa pada aspek kelayakan materi diperoleh skor rata-rata validasi 4,19 dengan kategori baik, kemudian pada aspek kelayakan penyajian materi diperoleh skor rata-rata validasi sebesar 4 dengan kategori baik dan pada aspek kelayakan bahasa diketahi skor rata-rata validasi adalah 4,2 dengan kategori baik. (3) Model pembelajaran kolaboratif efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas V SD UPT SPF Nomor 101826 Tuntungan Pancur Batu. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4315 |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.doc | ABSTRAK | 457.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
biodata mahasiswa.doc | biodata mahasiswa | 372.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
COVER.doc | COVER | 629.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 280.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 273.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 280 kB | Microsoft Word | View/Open |
Lampiran.doc | Lampiran | 614.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
SURAT PERNYATAAN.doc | BIODATA MAHASISWA | 370 kB | Microsoft Word | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN TESIS.doc | TANDA PERSETUJUAN TESIS | 363 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB I.doc | BAB I | 316.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB II.doc | BAB II | 378.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB III.doc | BAB III | 480.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 1.08 MB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB V.doc | BAB V | 289.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.