Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/432
Title: | EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19 di MTS. SWASTA NURUL AMALIYAH TANJUNG MORAWA |
Authors: | AGUSTINI, WENY TRI |
Keywords: | Efektivitas Pembelajaran daring Mata Pelajaran Matematika |
Issue Date: | 3-Jul-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 08 PEND.MM 2021 |
Abstract: | Permasalahan pembelajaran daring yang dihadapi siswa selama pandemic covid-19, menyebabkan pelaksanaan pembelajaran daring menjadi kurang efektif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di MTs. Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan jenis desain penelitian deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kusioner angket yang berisikan pertanyaan respon siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika. Hasil Penelitian menunjukkan dari hasil perhitungan persentase respon siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika adalah 52,91% dengan kriteria kualifikasi “kurang efektif”. Hal ini dikarenakan dari segi pelaksanaan pembelajaran daring siswa tidak termotivasi mengikuti pelajaran daring karna hampir seluruh siswa tidak menyukai pembelajaran dilakukan secara daring terlebih lagi mata pelajaran matematika yang membuat siswa kesulitan untuk memahami mata pelajaran matematika. Sehingga saat siswa diberikan tugas banyak dari mereka yang tidak mengumpulkan tugas, dikarenakan tidak mengerti materi pelajaran yang sampaikan oleh guru. Setelah itu dari segi penggunaan media daring yang digunakan dengan menggunakan google classroom siswa sangat tidak nyaman dengan media yang digunakan selama daring, karena banyak kendala yang dihadapi siswa selama daring seperti jaringan internet yang kurang stabil, tidak semua siswa mempunyai Hp, kuota internet yang terbatas dan siswa sulit memahami materi pelajaran matematika dengan menggunakan media daring google classroom. Selanjutnya dari segi hasil belajar siswa yaitu keberhasilan dalam pembelajaran daring sangatlah bergantung dengan sinyal dan kuota internet, karena hal itulah yang menjadi faktor utama dalam pembelajaran daring agar hasil belajar siswa selama pembelajaran daring dapat tercapai. Maka dari berbagai permasalahan yang dihadapi siswa selama pembelajaran daring, hal inilah yang menjadi pelaksanaan pembelajaran daring menjadi kurang efektif. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/432 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
WENY TRI AGUSTINI171114018 (COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK).docx | COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK | 236.71 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
WENY TRI AGUSTINI171114018 (KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR LAMPIRAN).docx | KATA PENGANTAR | 83.7 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
WENY TRI AGUSTINI171114018 (BAB I).docx Restricted Access | BAB I | 35.93 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
WENY TRI AGUSTINI171114018 (BAB II).docx Restricted Access | BAB II | 72.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
WENY TRI AGUSTINI171114018 (BAB III).docx Restricted Access | BAB III | 42.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
WENY TRI AGUSTINI171114018 (BAB IV DAN V).docx Restricted Access | BAB IV & V | 51.16 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
WENY TRI AGUSTINI171114018 (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN).docx | DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN | 456.89 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.