Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4379
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Aditya, Qori | - |
dc.contributor.author | 181324027 | - |
dc.contributor.author | Rijal | - |
dc.date.accessioned | 2025-01-16T02:14:39Z | - |
dc.date.available | 2025-01-16T02:14:39Z | - |
dc.date.issued | 2022-08-09 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4379 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran Akuntansi pada materi perusahaan dagang, hal ini ditanda i dengan nilai hasil belajar yang masih rendah yaitu hanya mencapai 55 sedangkan yang harus dicapai 75 sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran masih bersifat konvensional tanpa menggunakan metode pembelajaran yang kurang efektif. Penelitian ini di fokuskan pada penggunaan metode pembelajaran kumon dalam pembelajaran akuntansi pada materi perusahaan dagang, berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan yang ingin dicapai adalah (1) untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Patumbak melalui penerapan model pembelajaran kumon (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK negeri 1 Patumbak melalui penerapan model pembelajaran kumon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model pembelajaran KUMON. Taggart yang terdiri dari dua siklus.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Patumbak. Kota medan yang berjumlah 32 orang yang terdiridari 22 perempuan dan 10 orang laki-laki. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kumon pada pembelajaran Akuntansi materi perusahaan dagang menunjukan adanya peningkatan aktivitas dalam proses pembelajaran. Peserta didik terlihat sangat aktif dan sangat senang mengikuti kegiatan pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan antusias peserta didik yang sangat tinggi.Demikian pula perolehan hasil belajar siswa nilai rata-rata pada siklus I yang mencapai 60% orang dengan presentase 74.3%, siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 90%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kumondapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dari hasil penelitian ini ada beberapa saran untuk kepala sekolah, guru, dan peneliti lain untuk dapat mengembangkan dan melanjutkan kembali penelitian yang telah dilakukan sehingga memperoleh hasil yang lebih maksimal. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 02 PENDEK 2025 | en_US |
dc.title | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MATERI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAAN KUMON SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PATUMBAK | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 364.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA MAHASISWA.docx Restricted Access | BIODATA MAHASISWA | 249.21 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
COVER.docx | COVER | 37.56 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 18.48 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 25.65 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 46.77 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 1.12 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 219.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx | BAB I | 102.42 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB II.docx | BAB II | 114.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB III.docx | BAB III | 259.64 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 141.25 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx | BAB V | 98.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.