Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4618
Title: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELELUI BRUSH PAINTING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TABARAK KEC. DELI TUA T.A2023-2024
Authors: WILA
211424018
Fitria, Dewi
Keywords: Motorik Halus Brush Painting Anak Usia Dini
Issue Date: 26-Mar-2024
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 10 PG-PAUD 2025
Abstract: Brush painting merupakan salah satu kegiatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini,karena kegiatan ini melibatkan jari tangan dan koordinasi mata.Hasil observasi awal di TK TABARAK kec Deli Tua ditemukan kemampuan motorik halus anak masih kurang optimal dikarenakan masih kesulitan saat memegang krayon dan mewarna idi luar garis.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan brush painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 5 – 6 tahun di TK TABARAK kec Deli Tua. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan merupakan penelitian yang dilakukan melalui tindakan di kelas oleh guru/peneliti.Penelitian tindakan dapat dikategorikan menjadi empat, yaitu: (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi (4) Refleksi, untuk upaya meningkatkan kemampuan anak melalui media brush painting. Subjekpenelitianiniadalah 17anak,yangterdiridari10anaklaki-lakidan7anak perempuan.Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniadalah observasi meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui brush painting , aktivitas guru dan anak serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrument pada penelitian ini menggunakan lembar observasi (ceklist) yang digunakan sebagai instrumen penelitian untuk mengetahui motorik halus anak agar peniliti terarah dalam melakukan obervasi sehingga hasil data dapat diperoleh dengan mudah. Dari data hasil tindakan penelitian pada siklus II khususnya pada peningkatankemampuan motorikanak yang dimulai dari pembukaan atau kegiatan awal, kegiataninti, penutup atau kegiatan akhir. Pada siklus II anak-anak menunjukkan beberapa sikap yang lebih baik Iagi dari siklus I, salah satu diantaranya anak-anak mulai bias melakukan brush painting, serta mampu aktif dalam merespon stimulus yang diberikan oleh guru. Dari hasil observasi anak di siklus II menunjukkan bahwa hanya ada beberapa anak mendapatkannilail,makapadasiklusIIyangmendapatkannilai1telahberkurang. Maka pada siklus II kemampuan motorikanak meningkat.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4618
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
211424018_File1.docx211424018_File11.24 MBMicrosoft Word XMLView/Open
211424018_File2.docx211424018_File2751.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open
211424018_File3.docx211424018_File3132.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open
211424018_File9.docx
  Restricted Access
211424018_File96.64 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
211424018_Fulltext.docx
  Restricted Access
211424018_Fulltext13.94 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
211424018_File4.docxBAB 1105.62 kBMicrosoft Word XMLView/Open
211424018_File5.docxBAB 2114.61 kBMicrosoft Word XMLView/Open
211424018_File6.docxBAB 3229 kBMicrosoft Word XMLView/Open
211424018_File7.docx
  Restricted Access
BAB 4422.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
211424018_File8.docxBAB 5101.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.