Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4745
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIREGAR, IRWAN EFENDI-
dc.contributor.author227115001-
dc.contributor.authorZahari, Cut Latifah-
dc.date.accessioned2025-06-30T08:55:10Z-
dc.date.available2025-06-30T08:55:10Z-
dc.date.issued2024-07-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4745-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini yaitu, (1) Untuk menganalisis perbedaan penalaran spasial matematika peserta didik yang mendapatkan materi geometri transformasi antara model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran langsung, (2) Untuk menganalisis perbedaan kreatif matematis peserta didik yang mendapatkan materi transformasi geometri antara model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran langsung, (3) Untuk menganalisis korelasi antara penalaran spasial dan kreatif matematis setelah diberikan pembelajaran dengan model problem based learning. Desain Penelitian yang akan digunakan untuk data kuantitatif adalah control group, pretest-postest design dimana ada kelas yang mendapat model pembelajaran problem based learning disebut kelas eksperimen dengan kelas yang mendapat model pembelajaran langsung disebut kelas kontrol dengan memberikan tes berbentuk pilihan ganda untuk melihat penalaran spasial dan tes berbentuk essay untuk melihat kreatif matematis peserta didik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri dan Swasta Tanjungbalai. Sampel dari penelitian ini adalah Kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 2 Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah masing-masing kelas 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan tes dengan menggunakan uji Mann Whitney’s correlation dan uji Pearson correlation. Hasil penelitian diketahui bahwa (1), Terdapat perbedaan penalaran spasial peserta didik setelah mendapatkan pembelajaran model problem based learning dengan model pembelajaran langsung pada materi geometri. (2) Terdapat perbedaan penalaran spasial peserta didik setelah mendapatkan pembelajaran model problem based learning dengan model pembelajaran langsung pada materi geometri. (3) Terdapat korelasi antara penalaran spasial dan kreatif matematis setelah diberikan pembelajaran dengan model Problem Based Learning.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Matematika 11 2025 PPS PEND.MMen_US
dc.subjectPenalaran Spasialen_US
dc.subjectKreatif Matematisen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learningen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Langsungen_US
dc.titlePENALARAN SPASIAL DAN KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI IMPLIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGen_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
227115001_File1.docx227115001_File1582.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227115001_File2.docx227115001_File2602.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227115001_File3.docx227115001_File3289.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227115001_File9.docx
  Restricted Access
227115001_File9990.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
227115001_Fulltext.docx
  Restricted Access
227115001_Fulltext3.92 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
227115001_File4.docxBAB I216.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227115001_File5.docxBAB II1.35 MBMicrosoft Word XMLView/Open
227115001_File6.docxBAB III918.5 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227115001_File7.docx
  Restricted Access
BAB IV289.56 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
227115001_File8.docxBAB V185.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.