Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4940
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMARPAUNG, PUTRI SARINA-
dc.contributor.author237015012-
dc.contributor.authorKartolo, Rahmat-
dc.date.accessioned2025-12-01T07:59:57Z-
dc.date.available2025-12-01T07:59:57Z-
dc.date.issued2025-06-19-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4940-
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan pembelajaran metode sugesti dan kelas pengendali yang menggunakan metode konvensional. Peneliti ingin melihat perbedaan hasil pembelajaran karangan narasi yang dibimbing metode sugesti imajisai yang dapat meningkatkan kompetensi siswa khususnya dalam materi pembelajaran menulis karangan narasi dengan metode konvesional.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada keefektifan kemampuan menulis karangan narasi siswa menggunakan metode sugesti imajinasi dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Panai Tengah Tahun Pembelajaran 2024-2025. Populasi adalah siswa kelas XI yang berjumlah 224 orang. Dengan pengontrolan yang ketat diambil sampel sebanyak 74 orang dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instumen penjaring data adalah penugasan yaitu menulis karangan narasi.Dari hasil pengolahan data diperoleh ini rata-rata kelas eksperimen adalah 79,8 sedangkan untuk kelas control 70,2, dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control. Kemudian setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh nilai t0 = 6 kemudian dikonsultasikan dengan table t pada taraf signifikasi 5% maupun 1% dengan dk = (N1-N2) ternyata t0 yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 6 > 1,998 sehingga hipotesis nol ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan analis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sugesti imajinasi dalam meningakatkan kemampuan menulis karangan narasi lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.en_US
dc.publisherPASCA UMN Al-WASHLIYAH 9 PEND. B.IND 2025en_US
dc.subjectefektivitasen_US
dc.subjectmetode sugesti imajinasien_US
dc.subjectkemampuanen_US
dc.subjectmenulisen_US
dc.subjectnarasien_US
dc.titleEFEKTIVITAS METODE SUGESTI IMAJINASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANAI TENGAH TAHUN PEMBELAJARAN 2024-2025en_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
237015012_File1.docx237015012_File11.21 MBMicrosoft Word XMLView/Open
237015012_File2.docx237015012_File2541.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open
237015012_File3.docx237015012_File3568.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open
237015012_File4.docx237015012_File4195.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open
237015012_File5.docx237015012_File5207.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open
237015012_File6.docx237015012_File6213.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open
237015012_File7.docx237015012_File7248.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
237015012_File8.docx237015012_File8188.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
237015012_File9.docx237015012_File93.03 MBMicrosoft Word XMLView/Open
237015012_Fulltext.docx237015012_Fulltext.4.97 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.