Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/732
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Drs. Heri Soeprayogi.,Msi; Aminda Tri Handayani., S.Psi., M.Psi ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | AYU, NOVA MUTIARA | - |
dc.date.accessioned | 2022-02-25T04:13:54Z | - |
dc.date.available | 2022-02-25T04:13:54Z | - |
dc.date.issued | 2019-10-15 | - |
dc.identifier.other | 151614033 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/732 | - |
dc.description.abstract | Permasalahan yang diteliti adalah rendahnya perkembangan kognitif anak dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh percobaan sains terhadap perkembangan kognitif anak di TK Cerdas Bangsa Namo Rambe?.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh percobaan sains terhadap perkembangan kognitif anak di TK Cerdas Bangsa Namo Rambe. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK Cerdas Bangsa Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini anak kelompok B1 yang terjumlah 20 anak yang terdiri 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan dan kelas B2 yang berjumlah 20 anak yang terdiri 12 anaklaki-lakidan 8 anak perempuan. Instrumen dan teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi dalam dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata perkembangan kognitifanak kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata perkembangan kognitif anak kelompok kontrolyakni rata-rata kelompok eksperimen sebesar 81,05dan rata-rata kelompok control sebesar 68,9. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilaithitung>ttabel(3,104 > 2,100) maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolakdan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh percobaan sains terhadap perkembangan kognitif anak di tk cerdas bangsa Namo Rambe Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh percobaan sains terhadap perkembangan kognitif anak di TK Cerdas Bangsa Namo Rambe Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan dilakukannya pembelajaran percobaan sains di TK dapat membantu pemahaman anak tentang konsep sains, membantu meletakkan aspek-aspek yang terkait dengan keterampilan sains.Sains sebagai salah satu saran untuk mengetahui rahasia alamraya dan isinya,dan mensyukuri ciptaan Allah SWT. Saran bagi guru diharapkan guru dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan menggunakan variasi dan inovasi metode dalam permainan yang beragam sehingga kemampuankognitifanakdapatmeningkat | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 55 PG-PAUD 2019 | en_US |
dc.subject | Percobaan Sains | en_US |
dc.subject | Perkembangan Kognitif | en_US |
dc.title | PENGARUH PERCOBAAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK CERDAS BANGSA NAMO RAMBE | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | 97.79 kB | Microsoft Word XML | View/Open | |
PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 25.62 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 28.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 33.54 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 27.4 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 33.16 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 42.03 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 57.41 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 98.96 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 28.77 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 30.82 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 76.63 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.