Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/732
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDrs. Heri Soeprayogi.,Msi; Aminda Tri Handayani., S.Psi., M.Psi ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorAYU, NOVA MUTIARA-
dc.date.accessioned2022-02-25T04:13:54Z-
dc.date.available2022-02-25T04:13:54Z-
dc.date.issued2019-10-15-
dc.identifier.other151614033-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/732-
dc.description.abstractPermasalahan yang diteliti adalah rendahnya perkembangan kognitif anak dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh percobaan sains terhadap perkembangan kognitif anak di TK Cerdas Bangsa Namo Rambe?.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh percobaan sains terhadap perkembangan kognitif anak di TK Cerdas Bangsa Namo Rambe. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK Cerdas Bangsa Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini anak kelompok B1 yang terjumlah 20 anak yang terdiri 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan dan kelas B2 yang berjumlah 20 anak yang terdiri 12 anaklaki-lakidan 8 anak perempuan. Instrumen dan teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi dalam dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata perkembangan kognitifanak kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata perkembangan kognitif anak kelompok kontrolyakni rata-rata kelompok eksperimen sebesar 81,05dan rata-rata kelompok control sebesar 68,9. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilaithitung>ttabel(3,104 > 2,100) maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolakdan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh percobaan sains terhadap perkembangan kognitif anak di tk cerdas bangsa Namo Rambe Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh percobaan sains terhadap perkembangan kognitif anak di TK Cerdas Bangsa Namo Rambe Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan dilakukannya pembelajaran percobaan sains di TK dapat membantu pemahaman anak tentang konsep sains, membantu meletakkan aspek-aspek yang terkait dengan keterampilan sains.Sains sebagai salah satu saran untuk mengetahui rahasia alamraya dan isinya,dan mensyukuri ciptaan Allah SWT. Saran bagi guru diharapkan guru dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan menggunakan variasi dan inovasi metode dalam permainan yang beragam sehingga kemampuankognitifanakdapatmeningkaten_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 55 PG-PAUD 2019en_US
dc.subjectPercobaan Sainsen_US
dc.subjectPerkembangan Kognitifen_US
dc.titlePENGARUH PERCOBAAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK CERDAS BANGSA NAMO RAMBEen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docx97.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN25.62 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI28.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR33.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK27.4 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I33.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II42.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III57.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV98.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V28.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA30.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN76.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.