Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/820
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NURUL HASANAH TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2016-2017 |
Authors: | UTAMI, SURI |
Keywords: | model picture and picture menulis puisi |
Issue Date: | 29-Aug-2017 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 121 PEND.BIND 2017 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nurul Hasanah sebanyak 144orang. Sampel diambil sebanyak 36 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen One Group Pre- Test Post-Test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi.Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture (post-test) 73sedangkan nilai rata-rata kemampuan menulis puisi tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture (pre-test) 60. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada post test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kemampuan menulis puisi tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture pre-test. Dalam pengolahan data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan dengan uji normalitas dan dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas. Berdasarkan uji normalitas diperoleh Lhitung untuk pre-test sebesar 0.1382 dan post- test 0.0984 dengan Ltabel sebesar 0.1401 sehingga Lhitung <Ltabel dan hal ini membuktikan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya dengan uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1.52 dan Ftabel = 1.70 maka dapat disimpulkan bahwa data penelitian dinyatakan homogen karena Fhitung< Ftabel. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung >ttabel, 2.73>2.02 pada taraf signifikan 5%. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis awal diterima. Sehingga hal ini menunjukanbahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis puisi. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/820 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1. COVER TAMI.docx | COVER | 19.96 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 14.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
4. DAFTAR ISI TAMI.docx | DAFTAR ISI | 22.08 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
3.2 KATA PENGANTAR TAMI.docx | KATA PENGANTAR | 20.77 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
3.1 ABSTRAK TAMI.docx | ABSTRAK | 18.64 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
6. BAB I TAMI.docx Restricted Access | BAB I | 29 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
7. BAB II TAMI.docx Restricted Access | BAB II | 48.41 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
8. BAB III tami.docx Restricted Access | BAB III | 66.13 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
9. BAB IV dan V Tami.docx Restricted Access | BAB IV DAN BAB V | 136.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
10. DAFTAR PUSTAKA TAMI.docx | DAFTAR PUSTAKA | 19.26 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
11. SILABUS.docx | LAMPIRAN | 18.24 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.