Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/847
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRINA-
dc.date.accessioned2022-04-07T03:13:50Z-
dc.date.available2022-04-07T03:13:50Z-
dc.date.issued2017-02-24-
dc.identifier.other151114162-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/847-
dc.description.abstractHasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran matematika materi geometri masih rendah. Hal ini terjadi karena penyampaian materi pelajaran oleh guru didominasi dengan penggunaan metode ceramah dan kurang mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mencapai hasil yang optimal, guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang dapat membantu siswa mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Metode tersebut yaitu problem solving. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII serta performansi guru pada materi geometri melalui metode problem solving di kelas VII MTs Al-Ikhlas Korajim. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Al-Ikhlas Korajim sejumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Indikator keberh asilan pada penelitian ini yaitu nilai rata-rata kelas ≥ 75 dan persentase tuntas belajar klasikal 75%, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran ≥ 75%, serta nilai performansi guru ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan performansi guru dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa menc apai 69,44 dan persentase tuntas belajar klasikal 69,44%, sedangkan pada siklus II rata-rata ha sil belajar menjadi 80,82 dan persentase tuntas belajar klasikal menjadi 86,11%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran siklus I 71,76% dan siklus II menjadi 78,40%. Nilai performansi guru pada siklus I 83,01 dan meningkat pada siklus II menjadi 87,52. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan performansi guru dalam pembelajaran matematika materi geometri di kelas VII MTs Al-Ikhlas Korajim. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan metode problem solving sebagai alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 97 PEND.MM 2017en_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS VII MTs. AL-IKHLAS KORAJIMen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SAMPUL.rtfCOVER3.01 MBRTFView/Open
DAFTAR ISI .rtfDAFTAR ISI147.9 kBRTFView/Open
ABSTRAK.rtfABSTRAK55.99 kBRTFView/Open
BAB I BARU.rtf
  Restricted Access
BAB I89.32 kBRTFView/Open Request a copy
BAB I BARU (Autosaved).rtf
  Restricted Access
BAB I90.79 kBRTFView/Open Request a copy
BAB II.rtf
  Restricted Access
BAB II136.32 kBRTFView/Open Request a copy
BAB III.rtf
  Restricted Access
BAB III1.23 MBRTFView/Open Request a copy
BAB IV BARU.rtf
  Restricted Access
BAB IV201.76 kBRTFView/Open Request a copy
BAB IV.rtf
  Restricted Access
BAB IV384.25 kBRTFView/Open Request a copy
BAB V.rtf
  Restricted Access
BAB V72.57 kBRTFView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.rtfDAFTAR PUSTAKA49.77 kBRTFView/Open
Lampiran 1-2 RPP-1 DAN LKS.rtfLAMPIRAN16.95 MBRTFView/Open
Lampiran 3-4 RPP-2 DAN LKS.rtfLAMPIRAN19.15 MBRTFView/Open
Lampiran 5-6 RPP 3 dan LKS.rtfLAMPIRAN11.25 MBRTFView/Open
Lampiran 7 Tes Siklus I.rtfLAMPIRAN11.92 MBRTFView/Open
Lampiran 8 Tes Siklus II.rtfLAMPIRAN10.47 MBRTFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.