Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/847
Title: | UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS VII MTs. AL-IKHLAS KORAJIM |
Authors: | RINA |
Issue Date: | 24-Feb-2017 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 97 PEND.MM 2017 |
Abstract: | Hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran matematika materi geometri masih rendah. Hal ini terjadi karena penyampaian materi pelajaran oleh guru didominasi dengan penggunaan metode ceramah dan kurang mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mencapai hasil yang optimal, guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang dapat membantu siswa mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Metode tersebut yaitu problem solving. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII serta performansi guru pada materi geometri melalui metode problem solving di kelas VII MTs Al-Ikhlas Korajim. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Al-Ikhlas Korajim sejumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Indikator keberh asilan pada penelitian ini yaitu nilai rata-rata kelas ≥ 75 dan persentase tuntas belajar klasikal 75%, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran ≥ 75%, serta nilai performansi guru ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan performansi guru dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa menc apai 69,44 dan persentase tuntas belajar klasikal 69,44%, sedangkan pada siklus II rata-rata ha sil belajar menjadi 80,82 dan persentase tuntas belajar klasikal menjadi 86,11%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran siklus I 71,76% dan siklus II menjadi 78,40%. Nilai performansi guru pada siklus I 83,01 dan meningkat pada siklus II menjadi 87,52. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan performansi guru dalam pembelajaran matematika materi geometri di kelas VII MTs Al-Ikhlas Korajim. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan metode problem solving sebagai alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/847 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SAMPUL.rtf | COVER | 3.01 MB | RTF | View/Open |
DAFTAR ISI .rtf | DAFTAR ISI | 147.9 kB | RTF | View/Open |
ABSTRAK.rtf | ABSTRAK | 55.99 kB | RTF | View/Open |
BAB I BARU.rtf Restricted Access | BAB I | 89.32 kB | RTF | View/Open Request a copy |
BAB I BARU (Autosaved).rtf Restricted Access | BAB I | 90.79 kB | RTF | View/Open Request a copy |
BAB II.rtf Restricted Access | BAB II | 136.32 kB | RTF | View/Open Request a copy |
BAB III.rtf Restricted Access | BAB III | 1.23 MB | RTF | View/Open Request a copy |
BAB IV BARU.rtf Restricted Access | BAB IV | 201.76 kB | RTF | View/Open Request a copy |
BAB IV.rtf Restricted Access | BAB IV | 384.25 kB | RTF | View/Open Request a copy |
BAB V.rtf Restricted Access | BAB V | 72.57 kB | RTF | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.rtf | DAFTAR PUSTAKA | 49.77 kB | RTF | View/Open |
Lampiran 1-2 RPP-1 DAN LKS.rtf | LAMPIRAN | 16.95 MB | RTF | View/Open |
Lampiran 3-4 RPP-2 DAN LKS.rtf | LAMPIRAN | 19.15 MB | RTF | View/Open |
Lampiran 5-6 RPP 3 dan LKS.rtf | LAMPIRAN | 11.25 MB | RTF | View/Open |
Lampiran 7 Tes Siklus I.rtf | LAMPIRAN | 11.92 MB | RTF | View/Open |
Lampiran 8 Tes Siklus II.rtf | LAMPIRAN | 10.47 MB | RTF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.