Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/860
Title: | PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KETERBUKAAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELITUA TA.2017/2018 |
Authors: | HRP, KRISDYANTI |
Keywords: | Bimbingan Kelompok dengan teknik role playing Keterbukaan diri siswa. |
Issue Date: | 13-Sep-2018 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 89 BK 2018 |
Abstract: | Keterbukaan diri (self disclosure) adalah bentuk ungkapan perasaan, reaksi atau tanggapan seseorang yang berupa informasi mengenai dirinya yang dilakukan secara terbuka kepada orang lain sehingga saling mengerti satu sama lain. Layanan Bimbingan kelompok adalah mengaktifkan dinamika kelompok untuk membahas berbagai hal yang berguna bagi pengembangan pribadi dan pemecahan masalah individu yang menjadi peserta kegiatan kelompok melalui suasana dinamika kelompok yang intens dan konsturktif. Role Playing adalah suatu yang yang berkaitan dengan pendidikan, yaitu individu memerankan situasi yang imaginatif dengan tujuan untuk membantu tercapainya pemahaman diri sendiri, meningkatkan keterampilan-keterampilan, menganalisis perilaku, atau menunjukkan pada orang lain bagaimana perilaku seseorang harus bertingkah laku. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing terhadap Keterbukaan Diri pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Deli Tua Tahun 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen yaitu bentuk penelitian yang memberikan perlakuan terhadap sekelompok siswa dan perlakuan tersebut adalah dalam layanan bimbingan kelompok. Populasi penelitian ini berjumlah 70 orang dan sampel berjumlah 10 orang, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Delitua pada Siswa Kelas VIII.Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu : Variabel bebas, Layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dan variabel terikat, keterbukaan diri siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas instrumen, reabilitas instrumen, Uji prasyarat yang digunakan Uji normalitas, uji statistik yang digunakan adalah uji – t Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelomopok dengan teknik role playing terhadap keterbukaan diri siswa SMP Negeri 2 Deli Tua TahunAjaran 2017/2018. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/860 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.doc | COVER | 235 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 17.22 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 23.48 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 13.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 40.37 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 44.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 57.54 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV DAN BAB V | 105.18 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 17.62 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.