Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1219
Title: PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA
Authors: AMALIA, LELY
Keywords: Model Peoblem Based Learning
Kemampuan Pemecahan Masalah
Motivasi Belajar
Issue Date: 1-Aug-2020
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 21 PEND.MM 2020
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa pada materi pokok peluang di SMP Swasta Pesantren Al Husna Patumbak melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 20 orang. Objek penelitin ini adalah kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa. Data diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian yaitu tes kemampuan pemecahan masalah siklus I sebanyak4 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah siklus II terdiri dari 2 soal. Hasil reliabilitas Tes Kemampuan Pemecahan MasalahI (TKPM I) diperoleh nilai r hitung = 0,69 (rtabel = 0,4438) dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah II (TKPM II) diperoleh nilai rhitung= 0,46 (rtabel= 0,4438). Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat14 orang siswa (77,78%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah sedang atau mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 64,17. Pada siklus II diperoleh 19 orang siswa (95%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi (mencapai ketuntasan belajar)dengan rata-rata kelas90,25. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu sebanyak 5 orang siswa (17,22%) dan nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 26,08. Untuk motivasi belajar suber data guru dan siswa.Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode alur. Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian, pertama penerapan model problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelasVIII SMP Swasta Pesantren Al Husna Patumbak Tahun 2018/2019. Kedua, peningkatan motivasi belajar matematika yaitu a) siswa antusias menjawab pertanyaan dari kondisi siklus I 40% dansiklus II 75%, b) siswa antusias bertanya dari kondisi siklus I 37,5% dan siklus II 72,5%, c) siswa antusias mengerjakan tugas darisiklus I 47,5% dan siklus II 85 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa kelasVIII SMP Swasta Pesantren Al Husna Patumbak sehingga pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning ini dapat dijadikan salah satu alternative pembelajaran.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1219
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SAMPUL.docxCOVER207.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI26.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR40.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK25.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I232.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II43.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III88.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV99.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V22.32 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA25.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran 01 SILABUS.docxLAMPIRAN33.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran 02 RPP Siklus I.docxLAMPIRAN88.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran 03 RPP Siklus II.docxLAMPIRAN62.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran 06 Kisi-kisi tes Siklus I.docxLAMPIRAN18.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.