Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1821
Title: PENGARUH LAYANAN INFORMASI MELALUI TEKNIK JIGSAW TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DWI TUNGGAL TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2016/2017
Authors: RITONGA, FAUZIAH
Issue Date: 1-Sep-2017
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 32 BK 2017
Abstract: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh layanan informasi melalui teknik jigsaw terhadap kejenuhan siswa dalam belajar pada siswa SMP Swasta Dwi Tunggal Tg. Morawa. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Dwi Tunggal Tg. Morawa yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kejenuhan siswa dalam belajar sebelum diberikan layanan informasi melalui teknik jigsaw termasuk kriteria rendah dengan rata-rata pretest sebesar 57,03 dan setelah diberikan layanan informasi melalui teknik jigsaw termasuk dalam kriteria sangat tinggi dengan rata-rata post test 125,81, sehingga terjadi peningkatan sebesar 68,78. Dari perhitungan diperoleh hasil t hitung 146,2308 dengan taraf signifikan 5% dan db=N-1 = 32-1 = 31, maka 146,2308 > 2,03693. Dengan demikian koefisien t hitung sebesar 146,2308 adalah signifikan pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukan bahwa layanan informasi melalui teknik jigsaw yang diberikan kepada siswa SMP Swasta Dwi Tunggal Tg.Morawa, merupakan bentuk layanan dan teknik yang baik bagi siswa, hal ini terbukti pada diri siswa setelah mendapatkan layanan melalui teknik atau perlakuan yang memberikan kemajuan dalam mengurangi kejenuhan belajar pada siswa dengan mencapai rata-rata peningkatan yang cukup signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mengurangkan kejenuhan belajar siswa, sehingga siswa menjadi konsentrasi dalam belajar dan minat belajarnya lebih besar dari sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari perubahan tingkah laku belajar siswa. Saran yang dapat diambil sebaiknya orang tua membina, membimbing dan menjalin komunikasi yang baik dengan anaknya sehingga jika anak dalam keadaan kurang dalam belajarnya, orang tua dapat memberikan pemahaman dan penjelasan dengan baik, agar anak dapat meningkatkan minat belajar yang baik.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1821
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER89.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PERSETUJUAN.docxLEMBAR PERSETUJUAN11.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI12.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR12.69 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK12.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I19.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II28.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III37.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV33.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V15.62 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA13.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN54.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.