Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3007
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP SELF CONFIDENCE DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Authors: Lestari, Rindi, lubis, Asnarni (pembibing)
Keywords: Project Based Learning
media visual
self confidence
keterampilan berpikir kritis
Issue Date: 4-Jul-2023
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 09 PEND.MM 2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dengan media visual terhadap self confidence dan keterampilan berpikir kritis, serta untuk melihat interaksi model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media visual dengan self confiden ceter hadap keterampilan berpikir kritis.Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semua dengan desain faktorial 2x2 anavaduaarah.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Deli Tua semester genap Tahun Ajaran 2022/2023.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang yang terdiri dari kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen 1 dankelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen 2, dengan pemilihan sampel menggunakan simple random sampling.Instrumen yang digunakanya itu tesketerampilan berpikirkritis danang ketself confidence.Teknik analisis data yang digunakanya ituan alisis varian sduaarah.Hasil penelitian ini menunjukkan 1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaranProject Based Learning dengan media visual terhadapself confidence terutama pada indikator memiliki persamaan dalam menemukan dan menyelesaikan tugas karena peserta didik merasa nyaman danl ebih percaya diri serta yakin dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, 2) terdapatpengaruh yang signifikan model pembelajaranProject Based Learning dengan media visual terhadap keterampilan berpikir kritis terutama pada indikator situation serta inference dan over view karena peserta didik mampu mensituasikan konsep serta memberikan kesimpulan dari yang dipelajari berdasarkan kehidupannyata, 3) tidak terdapa tinteraksi model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media visual dengan self confiden ceter hadap keterampilan berpikir kritis karena grafik interaksi tidak menunjukkan adanya hubungan. Dengan demikian model Project Based Learning mampu mempengaruhi dan memberikan kontribusi pada materi bangun ruang sisi datar.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3007
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK475.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB 135.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB 2110.52 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB 360.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB 4214.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB 517.62 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBiodata mahasiswa29.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER90.64 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI23.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA20.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR66.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN9.57 MBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLembar Pengesahan188.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.