Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3654
Title: | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PAB 23 PATUMBAK |
Authors: | Carera, Feby 191434018 Nurmairina |
Keywords: | Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva Hasil Belajar Pembelajaran IPAS Gaya |
Issue Date: | 12-Sep-2023 |
Publisher: | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 38 PGSD 2024 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPAS Materi Gaya melalui Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva yang dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan kurangnya inovasi terhadap media pembelajaran yang digunakan sehingga membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian quasi Eksperimen dengan desain yang dipilih adalah Quasi Experimental Design yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD PAB 23 Patumbak, Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 30 siswa. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji t untuk semua hipotesis. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan Uji t, thitung<ttabel yaitu (0.601 < 2.02) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan seberapa besar pengaruh antara Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran IPAS materi Gaya di kelas IV SD PAB 23 Patumbak. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3654 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.