Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3832
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPanjaitan, Annisa Maharani-
dc.contributor.author191434073-
dc.contributor.authorSujarwo-
dc.date.accessioned2024-07-01T09:01:05Z-
dc.date.available2024-07-01T09:01:05Z-
dc.date.issued2023-08-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3832-
dc.description.abstractPendidikan sangat penting bagi setiap manusia, yang terwujud dalam suatu usaha serta disusun secara terencana agar mampu mengarahkan setiap manusia ke arah yang lebih baik. Menurut Tarigan (2013:1) keterampilan berbahasa memiliki empat aspek yaitu (1) keterampilan menyimak (listening skills), (2) keterampilan menulis (writing skills),(3) keterampilan membaca (reading skills), dan (4) keterampilan berbicara (speaking skills).Berdasarkan permasalahan yang diteliti maka jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode ini untuk mendukung bercerita pada anak pada tema 7 terhadap keterampilan berbicara pada kelas III SDN yang dimana menerapkan kurikulum 2013. Dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci analisis data yang bersifat induktif dan hasil penelitiannya lebih menekankan pada kemampuan bercerita anak pada tema 7. Penelitian ini akan dilakukan di sekolah dasar yang telah menerapkan kurikulum 2013.Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis metode bercerita permasalahan menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis data berupa analisis deskriptif. Data yang diperoleh penelitian ini adalah data yang berbentuk deskripsi, berupa ucapan ataupun tulisan dari subjek penelitian Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Tematik Peneliti memperoleh informasi serta data hasil penelitian berdasarkan rangkaian proses penelitian yang bersumber dari informan atau responden mengenai keterampilan berbicara siswa kelas III Menurut informasi data angket yang telah diperoleh peneliti, berdasarkan hasil penelitian yang dicantumkan dalam tabel persentase di atas, aspek pelafalan dalam keterampilan berbicara siswa kelas III secara keseluruhan mendapat persentase 76%.Berdasarkan data dan pembahasan hasil analisis, keterampilan berbicara dalam metode bercerita siswa kelas III SD Negeri 064961 dalam pembelajaran tematik, memperoleh persentase sebesar 74% dan termasuk ke dalam kategori baik. Hasil analisis data keterampilan berbicara siswa menunjukkan bahwa aspek pelafalan yang mencakup kemampuan mengucapkan konsonan dan vokal secara benar, ucapan dan aksen dalam berbicara memperoleh persentase sebesar 73%, aspek parabahasa yang mencakup nada, tingkatan jeda, kecepatan dan kelancaran dalam berbicara memperoleh persentase sebesar 74%,en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 69 PGSD 2024en_US
dc.subjectmetode berceritaen_US
dc.subjectketerampilan berbicaraen_US
dc.titleANALISIS METODE BERCERITA PADA TEMA 7 TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SD NEGERI 064961 MEDAN MAIMUNen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK395.64 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I24.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II168.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III32.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV55.69 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V24.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA223.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER162.62 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI22.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA24.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR133.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN870.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN SKRIPSI190.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.