Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3832
Title: | ANALISIS METODE BERCERITA PADA TEMA 7 TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SD NEGERI 064961 MEDAN MAIMUN |
Authors: | Panjaitan, Annisa Maharani 191434073 Sujarwo |
Keywords: | metode bercerita keterampilan berbicara |
Issue Date: | 10-Aug-2023 |
Publisher: | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 69 PGSD 2024 |
Abstract: | Pendidikan sangat penting bagi setiap manusia, yang terwujud dalam suatu usaha serta disusun secara terencana agar mampu mengarahkan setiap manusia ke arah yang lebih baik. Menurut Tarigan (2013:1) keterampilan berbahasa memiliki empat aspek yaitu (1) keterampilan menyimak (listening skills), (2) keterampilan menulis (writing skills),(3) keterampilan membaca (reading skills), dan (4) keterampilan berbicara (speaking skills).Berdasarkan permasalahan yang diteliti maka jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode ini untuk mendukung bercerita pada anak pada tema 7 terhadap keterampilan berbicara pada kelas III SDN yang dimana menerapkan kurikulum 2013. Dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci analisis data yang bersifat induktif dan hasil penelitiannya lebih menekankan pada kemampuan bercerita anak pada tema 7. Penelitian ini akan dilakukan di sekolah dasar yang telah menerapkan kurikulum 2013.Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis metode bercerita permasalahan menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis data berupa analisis deskriptif. Data yang diperoleh penelitian ini adalah data yang berbentuk deskripsi, berupa ucapan ataupun tulisan dari subjek penelitian Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Tematik Peneliti memperoleh informasi serta data hasil penelitian berdasarkan rangkaian proses penelitian yang bersumber dari informan atau responden mengenai keterampilan berbicara siswa kelas III Menurut informasi data angket yang telah diperoleh peneliti, berdasarkan hasil penelitian yang dicantumkan dalam tabel persentase di atas, aspek pelafalan dalam keterampilan berbicara siswa kelas III secara keseluruhan mendapat persentase 76%.Berdasarkan data dan pembahasan hasil analisis, keterampilan berbicara dalam metode bercerita siswa kelas III SD Negeri 064961 dalam pembelajaran tematik, memperoleh persentase sebesar 74% dan termasuk ke dalam kategori baik. Hasil analisis data keterampilan berbicara siswa menunjukkan bahwa aspek pelafalan yang mencakup kemampuan mengucapkan konsonan dan vokal secara benar, ucapan dan aksen dalam berbicara memperoleh persentase sebesar 73%, aspek parabahasa yang mencakup nada, tingkatan jeda, kecepatan dan kelancaran dalam berbicara memperoleh persentase sebesar 74%, |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3832 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 395.64 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 24.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 168.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 32.6 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 55.69 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 24.54 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 223.21 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 162.62 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 22.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 24.74 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 133.75 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 870.05 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI | 190.21 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.