Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4300
Title: | IMPLEMENTASI PENDEKATAN STRATEGI SAINTIFIC LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SISWA DALAM MENULIS CERITA PENDEK KELAS VIII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 25 RANTAUPRAPAT KABUPATEN LABUHAN BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024 |
Authors: | RITONGA, ISLAH HAYATI 227015017 Arfanti, Yulia |
Keywords: | Pendekatan saintifik kompetensi, menulis cerita pendek |
Issue Date: | 9-Jul-2024 |
Publisher: | Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 1 2025 PPS PEND.IND |
Abstract: | Pada penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui: 1) Pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek di kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu Tahun Pembelajaran 2023-2024; 2) Perbedaan kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik dengan pendekatan Contectual Learning Teaching (CTL) pada kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu Tahun Pembelajaran 2023-2024. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu Tahun Pembelajaran 2023-2024 sebanyak 7 kelas, setiap kelas 36 orang. Populasi dari penelian ini adalah 252 Orang. Teknik penarikan sampel yang digunkan adalah dengan teknik classter random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 36 anak. Teknik pengumpulan data dengan instrument berupa tes data kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t ini menggunakan two tailed-Paired Sample T Test (dua pihak-sampel berpasangan) pada taraf signifikan α=0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerpen pada kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantauprapat. Hal ini diketahui berdasarkan pengujian uji t dari pendektan saintifik pada pre tes dan post test adalah (thitung 2,54 > ttable 1,99). Sedangkan pada pendekatan CTL saat pre test dan post test berdasarkan hasil uji t menyatakan bahwa (t hitung 0,05 < ttable 1,99); (2)Terdapat perbedaan kemapuan siswa dalam menulis cerpen dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifk dengan pendekatan yang menggunakan pendekatan CTL. Hal ini diketahui berdasarkan hasil uji t yaitu (thitung 2,03 > ttable 1,99). |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4300 |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.doc | ABSTRAK | 670.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
BIODATA MAHASISWA.doc | BIODATA MAHASISWA | 1.13 MB | Microsoft Word | View/Open |
COVER.doc | COVER | 119 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 46 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 41 kB | Microsoft Word | View/Open |
KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 487.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Lampiran.doc | Lampiran | 925 kB | Microsoft Word | View/Open |
SURAT PERNYATAAN.doc | BIODATA MAHASISWA | 660.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN TESIS.doc | TANDA PERSETUJUAN TESIS | 512 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB I.doc | BAB I | 144.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB II.doc | BAB II | 209.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB III.doc | BAB III | 295 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 328.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB V.doc | BAB V | 126 kB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.