Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4379
Title: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MATERI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAAN KUMON SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PATUMBAK
Authors: Aditya, Qori
181324027
Rijal
Issue Date: 9-Aug-2022
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 02 PENDEK 2025
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran Akuntansi pada materi perusahaan dagang, hal ini ditanda i dengan nilai hasil belajar yang masih rendah yaitu hanya mencapai 55 sedangkan yang harus dicapai 75 sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran masih bersifat konvensional tanpa menggunakan metode pembelajaran yang kurang efektif. Penelitian ini di fokuskan pada penggunaan metode pembelajaran kumon dalam pembelajaran akuntansi pada materi perusahaan dagang, berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan yang ingin dicapai adalah (1) untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Patumbak melalui penerapan model pembelajaran kumon (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK negeri 1 Patumbak melalui penerapan model pembelajaran kumon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model pembelajaran KUMON. Taggart yang terdiri dari dua siklus.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Patumbak. Kota medan yang berjumlah 32 orang yang terdiridari 22 perempuan dan 10 orang laki-laki. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kumon pada pembelajaran Akuntansi materi perusahaan dagang menunjukan adanya peningkatan aktivitas dalam proses pembelajaran. Peserta didik terlihat sangat aktif dan sangat senang mengikuti kegiatan pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan antusias peserta didik yang sangat tinggi.Demikian pula perolehan hasil belajar siswa nilai rata-rata pada siklus I yang mencapai 60% orang dengan presentase 74.3%, siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 90%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kumondapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dari hasil penelitian ini ada beberapa saran untuk kepala sekolah, guru, dan peneliti lain untuk dapat mengembangkan dan melanjutkan kembali penelitian yang telah dilakukan sehingga memperoleh hasil yang lebih maksimal.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4379
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK364.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docx
  Restricted Access
BIODATA MAHASISWA249.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
COVER.docxCOVER37.56 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI18.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA25.65 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR46.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN1.12 MBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN219.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I102.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II114.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III259.64 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV141.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docxBAB V98.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.