Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4504
Title: | ANALISISHAMBATANBELAJARMENURUTJEANPIAGETPADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN PADA KELAS V SDN 101972 KOTANGAN |
Authors: | ADITA, IRMATIA 191434016 Napitupulu, Safrida |
Keywords: | Hambatan Belajar Jean Piaget Matematika Operasi Hitung Bilangan Pecahan |
Issue Date: | 14-Sep-2023 |
Publisher: | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 26 PGSD 2025 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan belajar menurut Jean Piaget pada pembelajaran matematika materi operasihitung bilangan pecahan di kelas V SDN101972Kotangan.Penelitianinimerupakanpenelitianjeniskualitatifdengan pendekatan fenomologi yang artinya peneliti akan melakukan pengumpulan data melaluiobservasipartisipan untuk dapat mengetahui fenomena esensialpartisipan yang ada atau hambatan belajar yang ada pada pembelajaran matematika materi opersihitung bilangan bulat sesuaidengan acuan teoribelajar Piaget. Subjek pada penelitianiniadalahSiswa/ikelasVSDNegeri101972Kotangan. Instrumen yang digunakandalampeneltianiniyaitu lembar observasi, angket danhasilwawancara guru.TeknikanalisisyangdigunakanyaituMilesdanHuberman,yaituanalisisdata yang dilakukan selama pengumpulan data di lapangan dan setelah semua data terkumpul dengan teknik analisis data interaktif, analisis data berlangsung secara bersama-samadenganprosespengumpulandatadenganalur(1)pengumpulandata, (2)reduksidata(DataReduction),(3)PenyajianData(DataDisplay),(4)Penarikan Simpulan (Conclusion Drawing/ Verifikasi). Simpulan hasil penelitian ini yaitu bahwabenaradantahambatanbelajarmenurutJeanPiagetyangdialamisiswapada pembelajaran matematika operasi hitung bilangan pecahan terdapat tiga jenis hambatan, yaitu (1) hambatan epistemologis yang merupakan kesulitan atau hambatan yang muncul akibat pemahaman konsep atau pandangan tentang pengetahuan matematika yang dimiliki oleh siswa. (2) Hambatan logis matematis yang bisa munculkarena berbagaialasan, sepertikurangnya pemahaman terhadap dasar-dasar matematika, atau masalah dalam merangkai langkah-langkah logis untuk menyelesaikan permasalahan yang melibatkan bilangan pecahan dan (3) Hambatan bahasa yang berupa keterbatasan seseorang terhadap pemahaman kata ataupun kalimat ketika sedang berbicara. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa hambatan belajar menurut Jean Piaget pada pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan pecahan di kelas V masih banyak terjadi, oleh karena itu guru maupun siswa berusaha sebisa mungkin untuk memperbaiki kegiatan belajar mengajar agar tidak ada lagi hambatan yang mempengaruhi kegiatan belajar mengajar. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4504 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 296.25 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx | BAB I | 102.34 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB II.docx | BAB II | 129.91 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB III.docx | BAB III | 112.5 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 990.74 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx | BAB V | 106.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA MAHASISWA.docx Restricted Access | BIODATA MAHASISWA | 1.07 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
COVER SKRIPSI.docx | COVER SKRIPSI | 214.79 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 24.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 26.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 155.47 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 1.72 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PERSETUJUAN | 429.28 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.