Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4504
Title: ANALISISHAMBATANBELAJARMENURUTJEANPIAGETPADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN PADA KELAS V SDN 101972 KOTANGAN
Authors: ADITA, IRMATIA
191434016
Napitupulu, Safrida
Keywords: Hambatan Belajar
Jean Piaget
Matematika
Operasi Hitung Bilangan Pecahan
Issue Date: 14-Sep-2023
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 26 PGSD 2025
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan belajar menurut Jean Piaget pada pembelajaran matematika materi operasihitung bilangan pecahan di kelas V SDN101972Kotangan.Penelitianinimerupakanpenelitianjeniskualitatifdengan pendekatan fenomologi yang artinya peneliti akan melakukan pengumpulan data melaluiobservasipartisipan untuk dapat mengetahui fenomena esensialpartisipan yang ada atau hambatan belajar yang ada pada pembelajaran matematika materi opersihitung bilangan bulat sesuaidengan acuan teoribelajar Piaget. Subjek pada penelitianiniadalahSiswa/ikelasVSDNegeri101972Kotangan. Instrumen yang digunakandalampeneltianiniyaitu lembar observasi, angket danhasilwawancara guru.TeknikanalisisyangdigunakanyaituMilesdanHuberman,yaituanalisisdata yang dilakukan selama pengumpulan data di lapangan dan setelah semua data terkumpul dengan teknik analisis data interaktif, analisis data berlangsung secara bersama-samadenganprosespengumpulandatadenganalur(1)pengumpulandata, (2)reduksidata(DataReduction),(3)PenyajianData(DataDisplay),(4)Penarikan Simpulan (Conclusion Drawing/ Verifikasi). Simpulan hasil penelitian ini yaitu bahwabenaradantahambatanbelajarmenurutJeanPiagetyangdialamisiswapada pembelajaran matematika operasi hitung bilangan pecahan terdapat tiga jenis hambatan, yaitu (1) hambatan epistemologis yang merupakan kesulitan atau hambatan yang muncul akibat pemahaman konsep atau pandangan tentang pengetahuan matematika yang dimiliki oleh siswa. (2) Hambatan logis matematis yang bisa munculkarena berbagaialasan, sepertikurangnya pemahaman terhadap dasar-dasar matematika, atau masalah dalam merangkai langkah-langkah logis untuk menyelesaikan permasalahan yang melibatkan bilangan pecahan dan (3) Hambatan bahasa yang berupa keterbatasan seseorang terhadap pemahaman kata ataupun kalimat ketika sedang berbicara. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa hambatan belajar menurut Jean Piaget pada pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan pecahan di kelas V masih banyak terjadi, oleh karena itu guru maupun siswa berusaha sebisa mungkin untuk memperbaiki kegiatan belajar mengajar agar tidak ada lagi hambatan yang mempengaruhi kegiatan belajar mengajar.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4504
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK296.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I102.34 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II129.91 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III112.5 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV990.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docxBAB V106.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docx
  Restricted Access
BIODATA MAHASISWA1.07 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
COVER SKRIPSI.docxCOVER SKRIPSI214.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI24.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA26.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR155.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN1.72 MBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN429.28 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.