Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4627
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | RAHMI YS, ZULIKA | - |
dc.contributor.author | 217115026 | - |
dc.contributor.author | Salayan, Madyunus | - |
dc.date.accessioned | 2025-05-14T02:01:11Z | - |
dc.date.available | 2025-05-14T02:01:11Z | - |
dc.date.issued | 2023-07-18 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4627 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran, komunikasi matematis dan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran kuantum di SMP Negeri 1 Air Joman .Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment.Populasi dalam penelitian ini adalah penalaran, komunkasi matematis dan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 1 Air Joman ta 2022/2023.Sampel penelitian ini adalah kemampuan penalaran, komunikasimatematisdanpemecahanmasalahsiswa di kelas VIII-6 dan VIII-7 danteknikpengambilan sample dilakukansecara random class.Kelas VII-6 menerimaperlakuanstrategiinkuiridankelas VIII-7 menerimaperlakuanstrategikuantum yang masing-masingberjumlah 32 siswatiapkelasnya.Intrumentpenelitian yang digunakanberupates. Dari hasil test siswa yang diajardenganstrategiinkuirididapatkannilai rata-rata kemampuanpenalaransebesar47.8125 denganstdv 9.8519 , nilai rata- rata komunikasimatematissebesar40.4063 denganstdv 11.42397 dannilai rata- rata pemecahanmasalahsebesar39.3438 denganstdv 11.42397. Sedangkanhasil test siswa yang diajardenganstrategikuantumdidapatkan rata-rata kemampuanpenalaransebesar52.6875 denganstdv 7.90442 , nilai rata- rata komunikasimatematissebesar52.2188 denganstdv 9.81025 dannilai rata- rata pemecahanmasalahsebesar52.0313 denganstdv 7.63474. Dari hasilanalisis data menggunakan SPSS 26 padauji normality test diperolehnlaisignifikansipadasemua variable lebihbesardari 0,05 (sig>0,05) , artinya data berdistribusi normal. Dan padaujihomogenity test menggunakanuji box’s diperolehnilai sig> 0,05artinyakedua sample data tersebuthomogen. Sedangakanuntukmelihatperbedaanpenalaran, komunikasimatematisdanpemecahanmasalahterhadapstrategipembelajaransecarasimultandigunakanujistatistik MANOVA.Padakeempatujimultivariat yang berbedayaituPillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root menunjukkannilai sig < 0,05, halinimenyimpulkanbahwaada perbedaan pengaruhyang signifikansi terhadap penalaran, komunikasimatematisdanpemecahanmasalahsiswa antarastrategi pembelajaran inkuiri dan kuantum . | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Pendidikan Matematika 06 2025 PPS PEND.MM | en_US |
dc.subject | strategi inkuiri, ,, komunikasimatematisdanpemecahanmasalah | en_US |
dc.subject | strategi kuantum | en_US |
dc.title | PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN , KOMUNIKASIDANPEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWAMELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KUANTUM DI SMP NEGERI 1 AIR JOMAN T.A 2022/2023 | en_US |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
cover.docx | cover | 115.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
daftar isi, tabel, gambar, grafik.docx | daftar isi, tabel, gambar, grafik | 54.85 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
daftar pustakann.docx | daftar pustakann | 18.07 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
lampiran.docx Restricted Access | lampiran | 8.99 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
SURAT PERNYATAAN.docx | SURAT PERNYATAAN | 454.41 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN.docx | TANDA PERSETUJUAN | 385.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
bab 1.docx | BAB I | 128.97 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
bab 2.docx | BAB II | 173.25 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
bab 3.docx | BAB III | 1.45 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
bab 4.docx Restricted Access | BAB IV | 1.68 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
bab 5.docx | BAB V | 120.25 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.