Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4834
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorUTARI, RICHY SALWA-
dc.contributor.author227215005-
dc.contributor.authorArfanty, Yulia-
dc.date.accessioned2025-09-10T02:04:14Z-
dc.date.available2025-09-10T02:04:14Z-
dc.date.issued2024-07-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4834-
dc.description.abstractSalah satu langkah awal dalam mempelajari suatu bahasa adalah membiasakan diri mendengarkan bahasa tersebut dan memahami makna serta maksud dari kata-kata yang diucapkan. Langkah selanjutnya adalah mengikuti, berlatih, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mendengarkan dan membaca dianggap sebagai keterampilan reseptif karena melibatkan pemahaman bahasa tanpa perlu menghasilkannya. Keterampilan ini mencakup menerima dan memahami masukan bahasa. Metode tebak kata adalah salah satu teknik yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan mendengarkan siswa. Metode ini mendorong pertukaran interaktif, yang sangat cocok untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam proses pembelajaran. Hal ini memungkinkan siswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka melalui partisipasi aktif dan keterlibatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif metode ini dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN2 Aek Ledong, yang berlokasi di Dusun III Aek Bange, Kecamatan Aek Ledong, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini berlangsung dari Januari hingga Maret 2024 selama semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian, metode Guessing Word Game (GWG) telah terbukti memiliki pengaruh yang signifikan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa, terutama dalam keterampilan mendengarkan bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai efektivitas dalam uji N-Gain sebesar 69,36%. Berdasarkan Tabel kondisi efektivitas, ini berarti nilai tersebut berada pada rentang 56%-75%, yang berarti metode yang digunakan di kelas kontrol dapat dianggap cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa, meskipun tidak mencapai rentang optimal.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris 11 2024 PPS PEND.INGen_US
dc.subjectGWGen_US
dc.subjectEksperimenen_US
dc.subjectEfektifitasen_US
dc.titleIMPLEMENTING INTERACTIVE LEARNING MODEL USING "GUESSING WORD GAME" METHODS AND ITS IMPACT ON STUDENTS’ ENGLISH LISTENING SKILLS AT SMPN 2 AEK LEDONGen_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
227215005_File1.docx227215005_File1.docx949.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227215005_File2.docx227215005_File2.docx1.04 MBMicrosoft Word XMLView/Open
227215005_File3.docx227215005_File3.docx186.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227215005_File9.docx
  Restricted Access
227215005_File9.docx4.51 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
227215005_Fulltext.docx
  Restricted Access
227215005_Fulltext.docx6.96 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
227215005_File4.docxBAB I253.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227215005_File5.docxBAB II343.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227215005_File6.docxBAB III406.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227215005_File7.docx
  Restricted Access
BAB IV398.34 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
227215005_File8.docxBAB V178.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.