Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/832
Title: | KEMAMPUAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA INDONESIA SMA SE-KECAMATAN BILAH HULU TAHUN PEMBELAJARAN 2017-2017 |
Authors: | TAMBUNAN, LEO HERMANTO |
Keywords: | Kemampuan kompetensi guru dalam pedagogik. |
Issue Date: | 12-Sep-2017 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 10 PEND.BIND 2017 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan kompetensi pedagogik guru bahasa Indonesia SMA se-Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini melibatkan seluruh SMA yang ada di Kecamatan Bilah Hulu. Populasi dalam penelitian berjumlah 12 orang guru bahasa Indonesia dengan pengambilan sampel total ke-12 orang guru bahasa Indonesia. Instrumen penelitian terdiri dari dokumentasi, observasi dan angket dalam bentuk kuesioner pilihan ganda. Teknik analisa data secara deskriptif dengan persentase. Dari hasil penelitian menunjukkan kompetensi pedagogik guru bahasa Indonesia dalam perencanaan pembelajaran termasuk kategori cukup kompeten (57,50%). Dalam pelaksanaan pembelajaran guru bahasa Indonesia dikategorikan kompeten (62,50%), sedangkan dalam penilaian pembelajaran guru bahasa Indonesia dikategorikan kompeten (79,38%).Beberapa kelemahan ataupun kekurangan serta keterbatasan dalam penelitian ini diantaranya adalah: (1) Para responden yang menjadi sampel penelitian merasa terbebani terutama bagi responden untuk guru bahasa Indonesia karena mereka merasa terbebani, menyita waktu dan tenaga mereka untuk diwawancarai; (2) Adanya faktor-faktor ekstern yang tidak mendukung guru untuk mengisi angket terhadap kompetensi pedagogik guru bahasa Indonesia, setiap guru mempunyai keterbatasan yakni kemampuan dalam menelaah soal dan pandangan mengenai kemampuan seseorang untuk mengungkapkan pribadi yang sesungguhnya dari setiap sampel; (3) Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden (guru) kurang optimal bahkan terkesan subjektif karena guru tersebut menilai dirinya sendiri. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/832 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER SKRIPSI LEO.docx | COVER | 36.03 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 14 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI leo.docx | DAFTAR ISI | 18.66 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR leo.docx | KATA PENGANTAR | 21.63 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK SKRIPSI LEO.docx | ABSTRAK | 19.62 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I SKRIPSI LEO.docx Restricted Access | BAB I | 30.95 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II SKRIPSI LEO.docx Restricted Access | BAB II | 41.3 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III SKRIPSI LEO.docx Restricted Access | BAB III | 38.48 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV SKRIPSI LEO.docx Restricted Access | BAB IV | 74.11 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V SKRIPSI LEO.docx Restricted Access | BAB V | 22.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 22.63 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiran 1 SL.docx | LAMPIRAN | 25.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiran 2 SL.docx | LAMPIRAN | 18.25 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiran 3 SL.docx | LAMPIRAN | 28.33 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiran 4 SL.docx | LAMPIRAN | 58.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiran 5 SL.docx | LAMPIRAN | 24.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiran 6 SL.xlsx | LAMPIRAN | 12.77 kB | Microsoft Excel XML | View/Open |
Lampiran 7 SL.xlsx | LAMPIRAN | 12.28 kB | Microsoft Excel XML | View/Open |
Lampiran 8 SL.xlsx | LAMPIRAN | 11.94 kB | Microsoft Excel XML | View/Open |
Lampiran 9.docx | LAMPIRAN | 23.59 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA leo hermanto.docx | BIODATA | 16.08 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.