Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/870
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | BADRIYAH | - |
dc.date.accessioned | 2022-04-12T02:50:48Z | - |
dc.date.available | 2022-04-12T02:50:48Z | - |
dc.date.issued | 2017-09-19 | - |
dc.identifier.other | 131114161 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/870 | - |
dc.description.abstract | Kurangnya minat dalam belajar matematika menyebabkan hasil belajar tidak maksimal. Rendahnya minat tersebut disebabkan siswa kurang tertarik dengan pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan: untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dalam materi statistika, untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dalam materi statistika kelas VIII SMP Swasta PAB 6 Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas VIII SMP Swasta PAB 6 Lubuk Pakam. Obyek penelitian ini adalah di SMP Swasta PAB 6 Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan satu kelas untuk menerapkan pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) yaitu kelas VIII yang berjumlah ada 41 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket minat belajar dan tes evaluasi. Data yang terkumpul dianalisis deskriptif sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, minat belajar siswa mempunyai prosentase 50% dan rata-rata hasil belajar 59.63 dengan ketuntasan klasikal 49,5%. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan minat belajar siswa menjadi 45.56% dan rata-rata hasil belajar 68,14 dengan ketuntasan klasikal 51.21%. Sedangkan pada siklus II minat belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 81.51% dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 75.17 dengan ketuntasan klasikal 85.36%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan sebelumnya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran melalui pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru, orang tua) di SMP Swasta PAB 6 Lubuk Pakam untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan dapat memberikan dorongan atau minat belajar kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan motivasi belajar untuk bisa berprestasi dan berkompetisi dengan sehat. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 79 PEND.MM 2017 | en_US |
dc.title | UPAYA MENINGKATKAN MINAT DANHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VIII SMP SWASTA PAB 6 LUBUK PAKAM | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.