Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1116
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLAENDED LEARNING ( PEMBELAJARAN CAMPURAN ) DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMA SWASTA ISTIQLAL DELI TUA TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022 |
Authors: | Rahmat Kartolo, S.Pd., M.Pd., Ph.D ( PEMBIMBING ) WAHYUNI, PUTRI |
Keywords: | Menulis Prosedur Blended Learning |
Issue Date: | 31-Aug-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 51 PEND.BIND 2021 |
Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menulis teks prosedur. Siswa merasa menulis teks prosedur merupakan kegiatan yang sulit karena siswa tidak terampil serta tidak memiliki ide untuk dituangkan, kemudian diimajinasikan ke dalam sebuah bentuk tulisan. Dan juga disebabkan oleh guru yang kurang kreatif dalam memanfatkan media atau metode pembelajaran yang menyenangkan dan memberikan inspirasi dalam melakukan pembelajaran kepada siswa, sehingga pembelajaran menjadi pasif dan membosankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: pengaru model pembelajaran Blended Learning dalam menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Istiqlal Deli Tua Tahun Pembelajaran 2021-2022, apakah penerapan model pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tinjauan teoritis menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan model pembelajaran Blended Learning lebih berhasil dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran. Hal ini memberika inspirasi bagi pennulis untuk menggunakan pembelajaran model Blended Learning untuk memotivasi siswa belajar belajar menulis teks prosedur. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Blended Learning lebih tinggi dengan nilai rata-rata 81.2 dibandingkan dengan belajar tanpa menggunakan model pembelajaran Blended Learning terhadap pembelajaran menulis teks prosedur. Besarnya persentase pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran Blended Learning terhadap menulis teks prosedur yaitu sebesar 90%. Hal ini berarti bahwa siswa kelas XI SMA Istiqlal Deli Tua Tahun Pembelajaran 2021-2022 mampu menulis teks prosedur dengan menggunakan model Blended Learning, dinyatakan benar dan dapat diterima. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1116 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 62.86 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 66.89 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 23.28 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 70.82 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 14.26 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 41.02 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 93.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 48.98 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 55.37 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 35.86 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 37.8 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 253.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.