Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1319
Title: | PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS X SMA SWASTA ROKITA SARI BANGUN PURBA TA 2019/2020 |
Authors: | DAMANIK, RASIDA EKA RISTI EFRILINA |
Keywords: | Hasil Belajar Ekonomi Model Pembelajaran Problem Based Learning Model Pembelajaran Think Pair Share. |
Issue Date: | 13-Jul-2020 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 29 PENDEK 2020 |
Abstract: | Model pembelajaran Problem Based Learning ialah pembelajaran yang dapat melatih siswa mengembangkan kemampuannya untuk menyelesaikan masalah yang berorientasi pada masalah autentik dari kehidupan aktual siswa. Sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik. Hal ini member inspirasi kepada penulis untuk menerapkan model pembelajaran yang kreatif sehingga siswa dituntut berperanaktif, dengan begitu siswa akan lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Swasta Rokita Sari Bangun Purba T.A 2019/2020 yang diambil secara total sampling dengan jumlah sampel 64 siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Swasta Rokita Sari Bangun Purba T.A 2019/2020. Pengumpulan data diambil melalui tes pilihan berganda. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan program SPSS (Statisca Program Society Science) versi 20. Hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh t hitung 2,0974 dan t tabel 2,0006, berarti Ha diterima dan Ho ditolak dengan kata lain bahwaada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ekonomi siswa di kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Hasil belajar ekonomi siswa di kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Sejalan dengan kesimpulan tersebut peneliti menyarankan kepada para guru ekonomi agar menerapkan metode pembelajaran Problem Based Learning dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran ekonomi. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1319 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 42.3 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 21.08 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 21.72 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 21.14 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 21.26 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 26.72 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 38.42 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 61.89 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 104.34 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 27.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 27.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Rpp 1 PBL.docx | LAMPIRAN | 24.58 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Rpp 2 TPS.docx | LAMPIRAN | 26.05 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
T1 SOAL & JAWABAN.docx | LAMPIRAN | 25.48 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
T2 SOAL & JAWABAN.docx | LAMPIRAN | 22.33 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA.docx | BIODATA | 542.28 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.