Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1319
Title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS X SMA SWASTA ROKITA SARI BANGUN PURBA TA 2019/2020
Authors: DAMANIK, RASIDA EKA RISTI EFRILINA
Keywords: Hasil Belajar Ekonomi
Model Pembelajaran Problem Based Learning
Model Pembelajaran Think Pair Share.
Issue Date: 13-Jul-2020
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 29 PENDEK 2020
Abstract: Model pembelajaran Problem Based Learning ialah pembelajaran yang dapat melatih siswa mengembangkan kemampuannya untuk menyelesaikan masalah yang berorientasi pada masalah autentik dari kehidupan aktual siswa. Sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik. Hal ini member inspirasi kepada penulis untuk menerapkan model pembelajaran yang kreatif sehingga siswa dituntut berperanaktif, dengan begitu siswa akan lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Swasta Rokita Sari Bangun Purba T.A 2019/2020 yang diambil secara total sampling dengan jumlah sampel 64 siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Swasta Rokita Sari Bangun Purba T.A 2019/2020. Pengumpulan data diambil melalui tes pilihan berganda. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan program SPSS (Statisca Program Society Science) versi 20. Hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh t hitung 2,0974 dan t tabel 2,0006, berarti Ha diterima dan Ho ditolak dengan kata lain bahwaada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ekonomi siswa di kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Hasil belajar ekonomi siswa di kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Sejalan dengan kesimpulan tersebut peneliti menyarankan kepada para guru ekonomi agar menerapkan metode pembelajaran Problem Based Learning dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran ekonomi.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1319
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER42.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN.docxLEMBAR PERSETUJUAN21.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI21.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR21.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK21.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I26.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II38.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III61.89 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV104.34 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V27.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA27.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Rpp 1 PBL.docxLAMPIRAN24.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Rpp 2 TPS.docxLAMPIRAN26.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open
T1 SOAL & JAWABAN.docxLAMPIRAN25.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
T2 SOAL & JAWABAN.docxLAMPIRAN22.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA.docxBIODATA542.28 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.