Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1889
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PEPIKA, NENI | - |
dc.date.accessioned | 2022-08-04T03:44:08Z | - |
dc.date.available | 2022-08-04T03:44:08Z | - |
dc.date.issued | 2021-08-27 | - |
dc.identifier.other | 177115031 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1889 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan Kemampuan Spasial dan Self-Efficacy dan interaksi Kemampuan Awal siswa dengan Model Pembelajran di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan dalam mempelajari materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperiment. Penelitian melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Kelas eksperimen-1 dengan menggunakan Pendekatan RME dan kelas eksperimen-2 dengan mengguakan Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini dilakukan dengan bekerja sama antara peneliti dan guru matematika kelas VIII SMP Negeri 17 Medan. Sampel penelitian terdiri dari 70 siswa yang terbagi menjadi dua kelas. 35 Siswa kelas RME dan 35 kelas STAD. Temuan dalam penelitian ini, yaitu berdasarkan hasil perhitungan secara keseluruhan kelompok data RME menunjukkan perbedaan kemampuan spasial dengan rerata 73,42 dengan standar deviasi16,29 sedangkan untuk kelompok STAD sebesar67,14 dengan standar deviasi19,39. Hipotesis yang dilakukan uji ANAVA terlihat bahwa untuk factor model pembelajaran, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.009 karena ini signifikansi lebih kecil darinilai taraf signifikansi 0,05, maka Ho ditolak. Sedangkan untuk factor pembelajaran dan KAM, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,202. Karna nilai signifikansi lebih besar dari bilai taraf signikan 0,05 maka Ho diterima. Sedangkan untuk kemampuan Self-Efficacy Hipotesis yang dilakukan uji ANAVA terlihat bahwa untuk factor model pembelajaran, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,087 karena nilai signifikansi lebih besar dari nilai taraf signifikan 0,05, maka Ho diterimah. Sedangkan untuk factor pembelajaran dan KAM, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,528. Karena nilai signifikansi lebih besar dari nilai taraf signifikan 0,05, maka Ho diterimah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan spasial siswa yang di ajarkan dengan kelas RME dan kelas STAD tetapitidak terdapat interaksi antara model pembelajran dan kemampuan awal siswa, sedangkan untuk kemampuan self-efficacy siswa tidak terdapat perbedaan kemampuan antara siswa yang diajarkan dengan kelas RME dankelas STAD dan tidak terdapat interaksi antata model pembelajaran dan kemampuan awal siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 03 PPS PEND.MM 2021 | en_US |
dc.subject | Perbedaan Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Pendekatan RME | en_US |
dc.subject | Kooperatif Tipe STAD | en_US |
dc.subject | Kemampuan Spasial | en_US |
dc.subject | Self-Efficacy | en_US |
dc.title | PERBEDAAN KEMMAPUAN SPASIAL DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN RME DAN KOOPERATIF TYPE STAD DI SMP NEGERI 17 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.doc | COVER | 86 kB | Microsoft Word | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.doc | LEMBAR PERSETUJUAN | 92 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 26.94 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 21.73 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx | BAB I | 56.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB II.docx | BAB II | 80.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB III.docx | BAB III | 71.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB IV.docx | BAB IV | 93.26 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 43.11 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 60.41 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.