Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2004
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDra. Hj. Disna Anum Siregar, M.Si ; Dra. Hj, Syarifah, MA ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorSIREGAR, MARIA ULFA-
dc.date.accessioned2022-09-13T01:47:03Z-
dc.date.available2022-09-13T01:47:03Z-
dc.date.issued2018-10-18-
dc.identifier.other161351012-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2004-
dc.description.abstractPembelajaran Simulasi dan hukuman ganjaran terhadap pembentukan karakter. Merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi yang menyenangkan. Pembentukan karakter siswa aktif dalam pembelajaran simulasi dan hukuman ganjaran juga merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif dalam mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah keterampilan . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan karena ditemukannya masalah-masalah yang timbul dalam kelas, yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Hal ini disebabkan oleh guru kurang menggunakan model pembelajaran yang tepat dan bervariasi untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 1 kali pertemuan, setiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Berdasarkan pengamatan pada siklus I yaitu: 519,% (sekitar 30 siswa). Hal ini menunjukkan bahwa observasi pada siklus I belum optimal, maka dari itu dilakukan pengamatan pada siklus II. Berdasarkan pengamatan pada siklus II, hasil pengamatannya adalah 580% (sekitar 36 siswa). Hal ini menunjukkan siklus II sudah mencapai tujuan yang diharapkan yaitu siswa sudah lebih aktif dalam proses pembelajaran. Pengaruh model pembelajaran simulasi dan hukuman dan ganjaran masalah telah membuktikan peningkatan keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat, hal ini dilihat dari hasil analisis dan pengolahan data dan model pembelajaran simulasi dan hukuman ganjaran(X) dengan keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat (Y), Dengan demikian menunjukkan adanya observasi dan tes pengaruh model pembelajaran simulasi dan hukuman ganjaran terhadap pembentukan karakter siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 05 PPKN 2018en_US
dc.subjectSumulasi Hukuman dan Ganjaranen_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.subjectPPKnen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI DAN HUKUMAN GANJARAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X SMA NEGERI 1 DOLOL MASIHULen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER25.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PERSETUJUAN.docxLEMBAR PERSETUJUAN12.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI14 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR61.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK15.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I21.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II28.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III25.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docxBAB IV31.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docxBAB V13.89 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA1.64 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.