Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2008
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Dra.Disna Anum Srg, M.Si; M.Faisal Husna, S.Sos,S.Pd,MH ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | WARGANI, KHOIRUN NISSA | - |
dc.date.accessioned | 2022-09-13T02:15:39Z | - |
dc.date.available | 2022-09-13T02:15:39Z | - |
dc.date.issued | 2018-01-15 | - |
dc.identifier.other | 141354013 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2008 | - |
dc.description.abstract | Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran AIR (auditory, intellectualy, repetition) kolaborasi Active Debatedapat meningkatkan keaktfian siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas XI MAS Insan Kesuma Madani Namorambe T.A 2018/2019?”. Tujuan penelitian ini adalah : “Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran AIR (auditory, intellectualy, repetition) kolaborasi Active Debate dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI MAS Insan Kesuma Madani Namorambe T.A 2018/2019”. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Insan Kesuma Madani Namorambe yang berjumlah 29 orang siswa. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah tindakan sebagai penerapan model pembelajaran AIR (auditory, intellectualy, repetition) kolaborasi Active Debateuntuk meningkatkan keaktifan siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran AIR (auditory, intellectualy, repetition) kolaborasi Active Debatedapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas XI MAS Insan Kesuma Madani Namorambe. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari keaktifan siswa pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I 46,11% dan pada siklus II 85,13%. Dari siswa tersebut menunjukkan bahwa model AIR (auditory, intellectualy, repetition) kolaborasi Active Debatedapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI MAS Insan Kesuma Madani Namorambe. Dengan kata lain hipotesis yang diajukan dapat diterima kebenarannya. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 21 PPKN 2018 | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran AIR (auditory, intellectualy, repetition) kolaborasi Active Debate | en_US |
dc.subject | Keaktifan Siswa | en_US |
dc.subject | PPKn. | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY,INTELECTUALLY,REPETITION) KOLABORASI ACTIVE DEBATE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS XI MAS INSAN KESUMA MADANI NAMORAMBE TA.2018/2019 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
cover.docx | COVER | 84.95 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 14.18 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 63.1 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 15.01 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 18.86 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 29.37 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 64.85 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 60.31 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 14.82 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 14.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiram 1.docx | LAMPIRAN | 912.62 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.