Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2113
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDrs. Darajat Rangkuti, M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorTUMANGGER, ERNIYANTI-
dc.date.accessioned2022-10-26T07:16:17Z-
dc.date.available2022-10-26T07:16:17Z-
dc.date.issued2022-07-05-
dc.identifier.other181424005-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2113-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media big book untuk anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Mirah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan McTanggart. Subjek penelitian ini adalah 20 anak, yang terdiridari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi meningkatkan kemampuan berbicaraanakmelalui media big book, aktivitas guru dan anak serta dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan dalam kemampuan berbicara anak melalui media big book. Hal ini diketahui dari rata-rata anak yang mendapat tingkat pencapaian anak berkembang sesuai harapan (BSH) danberkembangsangatbaik (BSB) pada Pra Siklus dengan rata-rata Persentase 8,75%, Kemudian pada Siklus I tingkat pencapaian anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB) dengan rata rata persentase 53,75%, sehingga dapat kita lihatpeningkatan Prasiklus menuju Siklus I sebesar (45%) Namun pada siklus I belum berkembang dengan baik sehingga dilanjutkan ke Siklus II.Tingkat pencapaian anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB) Siklus II dengan Rata-rata Persentase 95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media big book dapat meningkatkan kemampuan bericara anak usia 5-6 tahun. Peningkatan terjadi, dikarenakan dalam bercerita dengan menggunakan big book yang sebelumnya belum pernah diterapkan di sekolah tersebut, big book karakteristik khusus yang penuhwarna-warni, gambar yang menarik, maupun kata yang dapat diulang-ulang, mempunyai sifat yang mudah ditebak, dan menyenangkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 04 PG-PAUD 2022en_US
dc.subjectBerbicaraen_US
dc.subjectMedia Big booken_US
dc.subjectKelompok Ben_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA KELOMPOK B DI PAUD AL-MIRAH TAHUN AJARAN 2021-2022en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER40.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN15.85 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI22.5 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR20.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK36.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I23.91 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II34.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III53.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV109.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V17.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA22.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran.docxLAMPIRAN1.78 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.