Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3403
Title: ANALISIS STRATEGI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG DIAMPU OLEH GURU PENGGERAK MATEMATIKA SMP di KOTA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Authors: Sihaloho, Taripar R
217115016
Panjaitan, Dedy Juliandri
Keywords: Strategi Belajar
Aktivitas Belajar
Guru Penggerak
Pembelajaran berdiferensiasi
Issue Date: 13-Jul-2023
Publisher: Pascasarjana Pendidikan Matematika 04 2023 PPS PEND.MM
Abstract: Guru penggerak merupakan pemimpin pembelajaran dalam merdeka belajar yang memiliki kemampuan dalam menggerakkan ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil analisis strategi dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru penggerak dalam pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 1 Medan, SMP Negeri 25 Medan, dan SMP Negeri 29 Medan padaTahun Pembelajaran 2022/2023; (2)Mendeskripsikan hasil analisis aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika yang dilakukan guru penggerak melalui langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi dengan mengedepankan karakteristik belajar siswa di SMP Negeri 1 Medan, SMP Negeri 25 Medan, dan SMP Negeri 29 Medan padaTahun Pembelajaran 2022/2023. Hasil observasi terhadap strategi yang dilakukan guru penggerak dalam proses pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 1 Medan, SMP Negeri 25 Medan, dan SMP Negeri 29 Medan padaTahun Pembelajaran 2022/2023 menunjukkan tingkat persentase aktivitas yang baik. Untuk persentase aktivitas guru penggerak matematika di SMP Negeri 1 Medan 87,5%, persentase aktivitas guru penggerak matematika di SMP Negeri 25 Medan 83,33%, dan persentase aktivitas guru penggerak matematika SMP Negeri 29 Medan 95,83%. Rata-rata persentase aktivitas guru penggerak matematika di ketiga SMP tersebut mencapai 88,88% dan mencapai kriteria Tinggi. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Medan, SMP Negeri 25 Medan, dan SMP Negeri 29 Medan pada Tahun Pembelajaran 2022/2023 menunjukkan tingkat persentase aktivitas siswa secara umum berada pada kriteria baik. Untuk persentase aktivitas siswa di SMP Negeri 1 Medan 46,87% sangat aktif, dan53,13% aktif.Persentase aktivitas siswa di SMP Negeri 25 Medan 35,48% sangat aktif, 54,84% aktif dan 9,68% cukup aktif. Kemudian Persentase aktivitas siswa SMP Negeri 29 Medan 37,93% sangat aktif, 52,08% aktif dan 7,82% cukup aktif. Pencapaian rata-rata aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga menunjukkan aktivitas yang tinggi dimana siswa yang sangat aktif 46,55%, siswa aktif 52,08%, dan selebihnya siswa yang cukup aktif berada pada 7,82%. Hal ini mengindikasikan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru penggerak dalam pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 1 Medan, SMP Negeri 25 Medan, dan SMP Negeri 29 Medan padaTahun Pembelajaran 2022/2023 memberi dampak aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika baik.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3403
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK22.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Cover.docxCover203.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Daftar Isi.docxDaftar Isi37.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA23.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lembar Observasi Aktivitas Guru.docxLembar Observasi Aktivitas Guru18.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open
OBSERVASI AKTIVITAS SISWA - SMP 1.docxOBSERVASI AKTIVITAS SISWA - SMP 125.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open
OBSERVASI AKTIVITAS SISWA SMP 25..docxOBSERVASI AKTIVITAS SISWA SMP 2525.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open
OBSERVASI AKTIVITAS SISWA SMP 29.docxOBSERVASI AKTIVITAS SISWA SMP 2918.19 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I TESIS.docx420.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II TESIS.docx708.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III TESIS.docx433.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx2.67 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docx416.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.