Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/375
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Umar Darwis, SE.,M.Pd ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | RAHMAWATI, SITI | - |
dc.date.accessioned | 2022-01-25T08:16:21Z | - |
dc.date.available | 2022-01-25T08:16:21Z | - |
dc.date.issued | 2021-11-16 | - |
dc.identifier.other | 191434238 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/375 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini berfokus pada penggunaan media audio visual melalui media whatsapp pada mata pelajaran IPS oleh siswa Kelas VI di SD Negeri 104211 Marindal I. Masalah dalam penelitian ini antara lain adalahmasih banyak peserta didik yang menganggap IPS adalah pelajaran yang sulit dipahami dan kurang menarik perhatian siswa, kesulitan yang ada dalam mata pelajaran IPS menuntut kreativitas guru untuk mengembangkan pembelajarannya, baik dalam hal metode maupun media yang digunakan, dan karena adanya pandemi covid 19, sehingga pola pembelajaran berubah menyebabkan pembelajaran tatap muka ditiadakan dan digantikan dengan pembelajaran daring sehingga adanya perubahan pola belajar siswa.Nilai siswa pada pembelajaran jarak jauh terjadi penurunan ketuntasan belajar dari 78,57% menjadi 46,43% dan siswa yang mengalami tidak tuntas meningkat dari 21,43% menjadi 53,57%.Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan fokus penelitian deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan gambaran penggunaan media audio visual melalui whatsapp pada mata pelajaran IPS selama masa pandemi covid 19 di Kelas VI SD Negeri 104211 Marindal I diketahui bahwa penggunaan media dilakukan dengan dua kali simulasi. Pada simulasi awal dilakukan dengan memberikan rekaman guru menjelaskan pelajaran dengan disertai gambar pendukung. Sedangkan pada pembelajaran berikutnya guru menggunakan media audio visual dengan memberikan gambaran pebelajaran dengan lebih menarik. Pembelajran menggunakan media audio visual disimpulkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS, hal ini dapat disimpulkan melalui hasil evaluasi tugas siswa dimanakeseluruhan siswa tuntas dan melewati batas nilai KKM.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual melalui whatsapp efektif untuk digunakan khususnya pada pembelajaran IPS di kelas VI selama masa pandemi Covid 19. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 21 PGSD 2021 | en_US |
dc.subject | audio visual | en_US |
dc.subject | en_US | |
dc.subject | IPS | en_US |
dc.title | EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MELALUI WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN IPS SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 DI KELAS VI SD NEGERI 104211 MARINDAL I | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 109.39 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 33.1 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 39.93 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 83.5 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 16.58 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 53.66 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 50.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 42.27 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 266.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 37.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 34.58 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiran 1.docx | LAMPIRAN | 39.47 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA | 490.29 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.