Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3770
Title: ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MENGGUNAKAN SOAL CERITA MATERI FPB DAN KPK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI MIS ELSUSI MELDINA
Authors: RAMADHANI SIREGAR, ANGGI
191434159
Sujarwo
Keywords: Berfikir Kritis
FPB dan KPK
Gaya Belajar
Issue Date: 2-Nov-2023
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 52 PGSD 2024
Abstract: Siswa di Indonesia memiliki kecenderungan belajar terutama dalam pelajaran matematika hanya terfokus pada hafalan-hafalan rumus dalam menyelesaikan masalah.Banyak hal bisa dilakukan untuk menunjang pendidikan yang lebih baik, salah satu upayanya dengan melatih kemampuan berfikir kritis peserta didik.Karena dengan adanya berfikir kritis yang baik diharapan peserta didik dapat mengetahui bagaimana proses suatuilmuberlangsung.SaatpenelitimelakukanobservasidiMISElsusiMeldinapenelitimelihatkemampuanberfikirkritisbelumterlaludirealisasikan.Terlihatgurulebihcenderungmenggunakanmetodekonvesional,sering dudukuntukmenerangkandanmenulis dipapantulisseperlunyasaja,sertabanyaknyatugasyang diberimengakibatkansiswalebihpasifdankurangmengasahberfikirkrtispesertadidik. Penelitianinibertujuanuntuk (1) mengetahuibagaimanakemampuanberfikirkritissiswakelasV darigayabelajarvisual,(2) mengetahuibagaimanakemampuanberfikirkritissiswakelasV darigayabelajarauditori,(3) mengetahuibagaimanakemampuanberfikirkritissiswakelasVdarigayabelajarkinestetik. Untukmenjawabpertanyaandiatas, penelitiandilakukandengankualitatifdenganjenispenelitianstudikasusdiMISElsusiMeldina. Prosesnyadilakukandenganmelakukanobservasi, menyebarkanangketgayabelajar,menentukansubjekdengandiskusimendalamolehguru kelas, gurumatematika, peneliti. Melakukantesberfikirkritissertawawancaramendalamuntukmengetahuikategoriberfikirkritisnya. HasilanalisismenunjukkansetelahmelakukantessoalkemampuanberfikirkritisdanwawancaraSubjekS-01 merupakansiswagayabelajarvisual setelahmelakukantessoalkemampuanberfikirkritisdanwawancaraS-01termasukkategoritinggidenganpersentase63.89%. SubjekS-02siswagayabelajarauditorialtermasukkategoritinggidenganpersentase66.67%. SubjekS-03 merupakansiswagayabelajarkinestetiksetelahmelakukantessoalkemampuanberfikirkritisdanwawancara S-03termasukkategoricukupdenganpersentase55.55%. Penentuankategoriberdasarkanteorimodel berpikirkritis Paul&Elder.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3770
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK771.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I61.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II199.85 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III72.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV1.18 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V16.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA ANGGI.docxBIODATA ANGGI51.23 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER22.27 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI29.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA25.23 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGETAR66.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN535.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN355.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.