Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4027
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSANDRINA, TARISAH-
dc.contributor.author201434127-
dc.contributor.authorHidayat-
dc.date.accessioned2024-08-29T07:14:56Z-
dc.date.available2024-08-29T07:14:56Z-
dc.date.issued2024-07-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4027-
dc.description.abstractPendidikan memiliki peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Tujuan pendidikan dapat tercapai apabila proses pembelajaran berhasil dilaksanakan. guru diharapakan mampu menciptakan proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan, inovatifdan kretifagarpeserta didik menjadi semangat dalam proses pembelajaran. Namun hasil dari observasi awal yang saya lakukandi SDN104241 Lubuk Pakam peneliti menemukan permasalahan pada proses pembelajaran di kelasIV SD temuan pada observasi diketahui bahwa penggunaan Media pembelajaran pada proses pembelajaran dikelas IV SD belum maksimal, Proses pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa tidak secara akif terlibat dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini berdampak pada rendahnya tingkat kreativitas siswa dalam belajar.Dari temuan observasi peneliti berasumsi dibutuhkan adanya inovasi baru yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran, dengan menentukan media pembelajaran Maze Matching Board.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan kelayakan Media Pembelajaran Maze Matching Board pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahan Alam dan Sosial (IPAS) untuk meningkatkan Kreativitas siswa Kelas IV SDN104241LubukPakam.Metodepenelitianinimenggunakanreasearchand development(R&D)denganmodelpengembanganADDIEDatatingkatkelayakanmediaMazeMatchingBoarddapatdiukurdaritingkatpenguasaanpesertadidikterhadapmateriyangdiajarkandenganhasildiketahuibahwapresentasehasilteskreativitassiswamelaluitesformatifdansumatifSiswakelasIVSDN104241 LubukPakamberjumlah27siswa.Dari5pertanyaanyangterdapatpadaangket telaahtingkatkreativitassiswaditerapkanmedia maze matchingboard memperolehskorsebesar78% dengankategori“kreatif”. Hasilkeseluruhanpenilaianyang didapatkandariangkettelaahyaitusebesar86,85%. Dari skortersebutdapatdikatakanbahwamediamazematchingboarduntukmeningkatkankreativitassiswayangdikembangkansudah“sangatlayak”digunakanpadaproses pembelajaranpelajaranIlmuPengetahuanAlamdanSosial(IPAS)dikelasIVSDN 104241LubukPakam.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 91 PGSD 2024en_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectMaze MatchingBoarden_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA MAZE MATCHING BOARD UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) SISWA KELAS IV SDN 104241 LUBUK PAKAMen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK772.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I69.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II225.52 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III157.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV263.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V27.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA317.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER80.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI43.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA30.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR44.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN710.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN366.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.