Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4150
Title: | PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN STRATEGI KONVENSIONAL DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS CERITA PENDEK TEMA RELIGI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DELI TUA TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024 |
Authors: | Sukowati, Eti 227015001 Kartolo, Rahmat |
Keywords: | strategi pembelajaran berbasis proyek kemampuan menulis cerita pendek |
Issue Date: | 27-Jun-2024 |
Publisher: | Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 05 2024 PPS PEND.IND |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk dapat mendeskripsikan perbedaan hasil belajar menulis cerita pendek religi antara kelompok siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis proyek dan kelompok siswa yang diajarkan dengan strategi konvensional. (2) untuk dapat mendeskripsikan perbedaan hasil belajar menulis cerita pendek religi antara kelompok siswa yang memiliki minat baca cerita pendek tinggi dengan siswa yang memiliki minat baca rendah dan (3) untuk dapat mendeskripsikan interaksi antara strategi pembelajaran berbasis proyek dan minat baca cerita pendek terhadap kemampuan menulis cerita pendek religi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Deli Tua Tahun pembelajaran 2023-2024. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Deli Tua Tahun pembelajaran 2023-2024 yang berjumlah 160 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII-1 dan VII-2, kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa angket dan kemampuan menulis cerita pendek siswa berupa tes kerja. Dari hasil penelitian yang dilakukan dari penelitian terlihat dari Mean kemampuan menulis cerita pendek realigi kelas eksperimen sebesar 83,19 sedangkan kelas kontrol sebesar 72,22; mean minat kelas eksperimen sebesar 88,11 sedangkan kelas konrol hanya 58,44. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar menulis cerita pendek religi antara kelompok siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis proyek dan kelompok siswa yang diajarkan dengan strategi konvensional sebesar 83,1; terdapat perbedaan hasil belajar menulis cerita pendek religi antara siswa yang memiliki minat baca cerita pendek tinggi dengan minat baca cerita pendek yang rendah sebesar 88,11 dalam interaksi dengan strategi berbasis proyek dan minat membaca cerita pendek religi terhadap kemampuan menulis cerita pendek. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4150 |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK INDO.docx | ABSTRAK INDO | 14.74 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK INGGRIS.docx | ABSTRAK INGGRIS | 133.37 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 28.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 70.56 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 42.04 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 45.69 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 17.24 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BLANGKO SIDANG.docx | BLANGKO SIDANG | 5.59 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 92.61 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 16.21 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 17.46 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 15.72 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN TESIS.docx Restricted Access | LAMPIRAN TESIS | 48.6 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT.docx | PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT | 421.27 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docx | TANDA PERSETUJUAN TESIS | 320.94 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.