Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4569
Title: | ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS |
Authors: | LIZA, TASYA DWI 191114010 Zahari, Cut Latifah |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, , Gaya Kognitif Dan Kemampuan Awal Matematis |
Issue Date: | 4-Jul-2023 |
Publisher: | FKIP UMN AL WASHLIYAH 6 PEND. MM 2025 |
Abstract: | Kemampuan Pemecahan Masalah merupakan salah satu aspek utama dalam pembelajaran matematika yang diperlukan siswa, namun kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah yang dibuktikan oleh Programme ForInter nasional Student Assesment (PISA) padatahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan gaya kognitif yaitu field independent danfield dependent dan kemampuan awal matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang merupakan makna-makna dari suatu kejadian.Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas X TSM SMK Negeri 1 Perbaungan, yang dipilih berdasarkan kemampuan awal matematis yaitu dengan kategori 2 kemampuan tinggi, 2 kemampuan sedang, dan 2 kemampuan rendah. Dari kategori kemampuan tersebut selanjutnya ditentukan gaya kognitif siswa dengan 2 siswa gaya kognitiffield independent dan 4 siswa dengan gaya kognitiffield dependent. Data yang dikumpulkan berupa tes, angket respon siswa dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK berdasarkan gaya kognitif dan kemampuan awal matematis yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitiffield dependentberkategori baik pada tahap memahami masalah dan memeriksa kembali, berkategori cukup pada tahap menyusun rencana penyelesaian, serta berkategori kurang pada tahap menyelesaikan masalah. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitiffield independent berkategori baik pada tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikanmasalah, serta berkategori cukup pada tahap memeriksa kembali. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4569 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
191114010_FILE 1.docx | 191114010_FILE 1 | 694.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
191114010_FILE 2.docx | 191114010_FILE 2 | 623.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
191114010_FILE 3.docx | 191114010_FILE 3 | 504.88 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
191114010_FILE 9.docx Restricted Access | 191114010_FILE 9 | 3.62 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
191114010_FULLTEXT.docx Restricted Access | 191114010_FULLTEXT | 10.5 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
191114010_FILE 4.docx | BAB I | 484.13 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
191114010_FILE 5.docx | BAB II | 512.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
191114010_FILE 6.docx | BAB III | 473.48 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
191114010_FILE 7.docx Restricted Access | BAB IV | 6.52 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
191114010_FILE 8.docx | BAB V | 448.66 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.