Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4627
Title: PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN , KOMUNIKASIDANPEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWAMELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KUANTUM DI SMP NEGERI 1 AIR JOMAN T.A 2022/2023
Authors: RAHMI YS, ZULIKA
217115026
Salayan, Madyunus
Keywords: strategi inkuiri, ,, komunikasimatematisdanpemecahanmasalah
strategi kuantum
Issue Date: 18-Jul-2023
Publisher: Pascasarjana Pendidikan Matematika 06 2025 PPS PEND.MM
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran, komunikasi matematis dan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran kuantum di SMP Negeri 1 Air Joman .Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment.Populasi dalam penelitian ini adalah penalaran, komunkasi matematis dan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 1 Air Joman ta 2022/2023.Sampel penelitian ini adalah kemampuan penalaran, komunikasimatematisdanpemecahanmasalahsiswa di kelas VIII-6 dan VIII-7 danteknikpengambilan sample dilakukansecara random class.Kelas VII-6 menerimaperlakuanstrategiinkuiridankelas VIII-7 menerimaperlakuanstrategikuantum yang masing-masingberjumlah 32 siswatiapkelasnya.Intrumentpenelitian yang digunakanberupates. Dari hasil test siswa yang diajardenganstrategiinkuirididapatkannilai rata-rata kemampuanpenalaransebesar47.8125 denganstdv 9.8519 , nilai rata- rata komunikasimatematissebesar40.4063 denganstdv 11.42397 dannilai rata- rata pemecahanmasalahsebesar39.3438 denganstdv 11.42397. Sedangkanhasil test siswa yang diajardenganstrategikuantumdidapatkan rata-rata kemampuanpenalaransebesar52.6875 denganstdv 7.90442 , nilai rata- rata komunikasimatematissebesar52.2188 denganstdv 9.81025 dannilai rata- rata pemecahanmasalahsebesar52.0313 denganstdv 7.63474. Dari hasilanalisis data menggunakan SPSS 26 padauji normality test diperolehnlaisignifikansipadasemua variable lebihbesardari 0,05 (sig>0,05) , artinya data berdistribusi normal. Dan padaujihomogenity test menggunakanuji box’s diperolehnilai sig> 0,05artinyakedua sample data tersebuthomogen. Sedangakanuntukmelihatperbedaanpenalaran, komunikasimatematisdanpemecahanmasalahterhadapstrategipembelajaransecarasimultandigunakanujistatistik MANOVA.Padakeempatujimultivariat yang berbedayaituPillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root menunjukkannilai sig < 0,05, halinimenyimpulkanbahwaada perbedaan pengaruhyang signifikansi terhadap penalaran, komunikasimatematisdanpemecahanmasalahsiswa antarastrategi pembelajaran inkuiri dan kuantum .
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4627
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover.docxcover115.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open
daftar isi, tabel, gambar, grafik.docxdaftar isi, tabel, gambar, grafik54.85 kBMicrosoft Word XMLView/Open
daftar pustakann.docxdaftar pustakann18.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open
lampiran.docx
  Restricted Access
lampiran8.99 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
SURAT PERNYATAAN.docxSURAT PERNYATAAN454.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN.docxTANDA PERSETUJUAN385.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open
bab 1.docxBAB I128.97 kBMicrosoft Word XMLView/Open
bab 2.docxBAB II173.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open
bab 3.docxBAB III1.45 MBMicrosoft Word XMLView/Open
bab 4.docx
  Restricted Access
BAB IV1.68 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
bab 5.docxBAB V120.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.