Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4800
Title: SKRIPSI Oleh EFEKTIVITAS PBL BERBANTUAN SOLAR SYSTEM SCOPE PADA MATERI HUKUM KEPLER TERINTEGRASI AL-QURAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL
Authors: MAWADDAH, HAJAR
201124001
Khairiah
Keywords: Problem Based Learning
Solar System Scope
Hukum Kepler Terintegrasi Al-Quran
Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 2-Jul-2024
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 01 FIS 2025
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran fisika yang dianggap sulit, diantaranya kesulitan yang dialami yaitu memvisualisasikan materi pelajaran yang membutuhkan model pembelajaran dan media sebagai pendukung untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini dilakukan di MA. Muallimin UNIVA Medan, dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Solar System Scope pada materi hukum kepler yang terintegrasi Al-Quran yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen yang merupakan salah satu jenis penelitian kuantitatif pada kelas X MIA 1 berjumlah 28 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Probem Based Learning (PBL) siswa dan X MIA 2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI) dimana sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis (esai) sebanyak 10 butir soal. Sebelum uji-t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat. Diketahui bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal dengan nilai signifikansi Pretest Eksperimen (0.078), Posttest Eksperimen (0.130), Pretest Kontrol (0.200), Posttest Kontrol (0.052) serta dinyatakan homogen dengan nilai signifikansi pada Based on Mean (0.245) dimana nilai uji normalitas dan homogenitas melebihi (>) dari taraf nyata yang digunakan pada pengukuran yaitu α = 0,05 atau 5%. Dengan bantuan SPSS diketahui bahwa bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang pada kelas eksperimen (83.07) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (79.90) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dan rata-rata kelas eksperimen dinyatakan lebih baik dari rata-rata kelas kontrol. Adapun untuk efektivitas dari kelas eksperimen dengan model PBL (Problem Based learning) adalah 76.6% dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Direct Instruction adalah 54.4% dimana kelas eksperimen dinyatakan efektif dan kelas kontrol dinyatakan kurang efektif.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4800
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
201124001_File1.docx201124001_File1324.62 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201124001_File2.docx201124001_File2474.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201124001_File3.docx201124001_File3432.52 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201124001_File9.docx
  Restricted Access
201124001_File93.31 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
201124001_FileFulltext.docx
  Restricted Access
201124001_FileFulltext5.87 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
201124001_File4.docxBAB I179.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201124001_File5.docxBAB II1.83 MBMicrosoft Word XMLView/Open
201124001_File6.docxBAB III191.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201124001_File7.docx
  Restricted Access
BAB IV247.19 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
201124001_File8.docxBAB V171.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.