Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4800
Title: | SKRIPSI Oleh EFEKTIVITAS PBL BERBANTUAN SOLAR SYSTEM SCOPE PADA MATERI HUKUM KEPLER TERINTEGRASI AL-QURAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL |
Authors: | MAWADDAH, HAJAR 201124001 Khairiah |
Keywords: | Problem Based Learning Solar System Scope Hukum Kepler Terintegrasi Al-Quran Hasil Belajar Siswa |
Issue Date: | 2-Jul-2024 |
Publisher: | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 01 FIS 2025 |
Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran fisika yang dianggap sulit, diantaranya kesulitan yang dialami yaitu memvisualisasikan materi pelajaran yang membutuhkan model pembelajaran dan media sebagai pendukung untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini dilakukan di MA. Muallimin UNIVA Medan, dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Solar System Scope pada materi hukum kepler yang terintegrasi Al-Quran yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen yang merupakan salah satu jenis penelitian kuantitatif pada kelas X MIA 1 berjumlah 28 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Probem Based Learning (PBL) siswa dan X MIA 2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI) dimana sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis (esai) sebanyak 10 butir soal. Sebelum uji-t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat. Diketahui bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal dengan nilai signifikansi Pretest Eksperimen (0.078), Posttest Eksperimen (0.130), Pretest Kontrol (0.200), Posttest Kontrol (0.052) serta dinyatakan homogen dengan nilai signifikansi pada Based on Mean (0.245) dimana nilai uji normalitas dan homogenitas melebihi (>) dari taraf nyata yang digunakan pada pengukuran yaitu α = 0,05 atau 5%. Dengan bantuan SPSS diketahui bahwa bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang pada kelas eksperimen (83.07) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (79.90) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dan rata-rata kelas eksperimen dinyatakan lebih baik dari rata-rata kelas kontrol. Adapun untuk efektivitas dari kelas eksperimen dengan model PBL (Problem Based learning) adalah 76.6% dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Direct Instruction adalah 54.4% dimana kelas eksperimen dinyatakan efektif dan kelas kontrol dinyatakan kurang efektif. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4800 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
201124001_File1.docx | 201124001_File1 | 324.62 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201124001_File2.docx | 201124001_File2 | 474.71 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201124001_File3.docx | 201124001_File3 | 432.52 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201124001_File9.docx Restricted Access | 201124001_File9 | 3.31 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
201124001_FileFulltext.docx Restricted Access | 201124001_FileFulltext | 5.87 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
201124001_File4.docx | BAB I | 179.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201124001_File5.docx | BAB II | 1.83 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
201124001_File6.docx | BAB III | 191.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201124001_File7.docx Restricted Access | BAB IV | 247.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
201124001_File8.docx | BAB V | 171.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.