Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4834
Title: | IMPLEMENTING INTERACTIVE LEARNING MODEL USING "GUESSING WORD GAME" METHODS AND ITS IMPACT ON STUDENTS’ ENGLISH LISTENING SKILLS AT SMPN 2 AEK LEDONG |
Authors: | UTARI, RICHY SALWA 227215005 Arfanty, Yulia |
Keywords: | GWG Eksperimen Efektifitas |
Issue Date: | 11-Jul-2024 |
Publisher: | Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris 11 2024 PPS PEND.ING |
Abstract: | Salah satu langkah awal dalam mempelajari suatu bahasa adalah membiasakan diri mendengarkan bahasa tersebut dan memahami makna serta maksud dari kata-kata yang diucapkan. Langkah selanjutnya adalah mengikuti, berlatih, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mendengarkan dan membaca dianggap sebagai keterampilan reseptif karena melibatkan pemahaman bahasa tanpa perlu menghasilkannya. Keterampilan ini mencakup menerima dan memahami masukan bahasa. Metode tebak kata adalah salah satu teknik yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan mendengarkan siswa. Metode ini mendorong pertukaran interaktif, yang sangat cocok untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam proses pembelajaran. Hal ini memungkinkan siswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka melalui partisipasi aktif dan keterlibatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif metode ini dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN2 Aek Ledong, yang berlokasi di Dusun III Aek Bange, Kecamatan Aek Ledong, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini berlangsung dari Januari hingga Maret 2024 selama semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian, metode Guessing Word Game (GWG) telah terbukti memiliki pengaruh yang signifikan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa, terutama dalam keterampilan mendengarkan bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai efektivitas dalam uji N-Gain sebesar 69,36%. Berdasarkan Tabel kondisi efektivitas, ini berarti nilai tersebut berada pada rentang 56%-75%, yang berarti metode yang digunakan di kelas kontrol dapat dianggap cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa, meskipun tidak mencapai rentang optimal. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4834 |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
227215005_File1.docx | 227215005_File1.docx | 949.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
227215005_File2.docx | 227215005_File2.docx | 1.04 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
227215005_File3.docx | 227215005_File3.docx | 186.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
227215005_File9.docx Restricted Access | 227215005_File9.docx | 4.51 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
227215005_Fulltext.docx Restricted Access | 227215005_Fulltext.docx | 6.96 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
227215005_File4.docx | BAB I | 253.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
227215005_File5.docx | BAB II | 343.87 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
227215005_File6.docx | BAB III | 406.95 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
227215005_File7.docx Restricted Access | BAB IV | 398.34 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
227215005_File8.docx | BAB V | 178.98 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.