Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4917
Title: STRATEGI PEMASARAN UMKM KERIPIK SINGKONG DI KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG
Authors: SURBAKTI, AZMI DEVIANI
214114019
Novani, Nomi
Keywords: Analisis SWOT
Keripik Singkong
Strategi
Pemasaran
Issue Date: 8-Jul-2025
Publisher: Pertanian UMN AW 19 2025 FP AGB
Abstract: Padausahakeripiksingkonginiadabeberapapermasalahan, yaitukurangnya modal padaproduksikeripiksingkong, pemasaran yang kurangmemadaidikarenakanmasihbelummeluasdanmasihdiperjualbelikandisekitarandaerahpenelitian, pendapatanpadausahakeripiksingkong.Dalammerumuskanstrategiperusahaanmakadiidentifikasiberbagaifaktorsecarasistematis.Pengidentifikasiandapatdilakukandengananalisis SWOT yaituanalisis yang didasarkanpadalogika yang dapatmemaksimalkankekuatan (strengths), danpeluang (opportunities), namunsecarabersamaandapatmeminimalkankelemahan (weaknesses) danancaman (threats).Tujuanpenelitianiniadalahmenganalisiskekuatan, kelemahan, peluangdanancamanyangndominanpadapemasaranUMKMkeripiksingkongdanmenganalisisstrategiyangtepatpemasaranUMKMkeripiksingkongdidaerahpenelitian.Metodeyangdigunakanadalahmetodeanalisis SWOT.Matrikinidapatmenggambarkansecarajelasbagaimanapeluangdanancamaneksternal yang dihadapiolehpetanidapatdisesuaikandengankekuatandankelemahan internal yang dimiliki.HasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategipemasarankeripiksingkongterletakpadakuadranI.KuadranImerupakankuadranyangdibatasiolehsumbuxdansumbuy yang keduanyabertandapositifdanalternatifstrategi yang dianjurkanadalahstrategiagresif (aggressive strategy) yaitustrategi SO (Strategi – Opportunity), dimanakuadraninimempunyaiposisi yang paling menguntungkankarenakekuatandanpeluangdalammatriksposisitersebutadalahbaiksehinggadengankekuatanyangdimilikipengrajinkeripiksingkongdalamusahanyadimungkinkanuntukmemanfaatkanpeluangusaha yang adadanmengembangkanpemasarannya. Matriksposisistrategipemasarankeripiksingkongmenunjukkannilai x > 0 yaitu 2,26dannilai y > 0 yaitu 2,04. TahapAnalisis Data Matriks SWOT Strategipemasarankeripiksingkong di KecamatanTanjungMorawadariFaktor yang menjadikekuatandanpeluang (S-O) pemasarankeripiksingkongadalahmemanfaatkan modal usahaseefisienmungkingunamemperluaspangsapasar. Snack keripiksingkong yang diminatiolehsemuausiadenganhargaterjangkau. Memanfaatkantenagakerja yang adagunamemperluaspangsapasar.Meningkatkanminatbelibagipelangganpotensial
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4917
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
214114019_File1.docx214114019_File1707.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open
214114019_File2.docx214114019_File2808.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
214114019_File3.docx214114019_File3578.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open
214114019_File4.docx214114019_File4191.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open
214114019_File5.docx214114019_File5290.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open
214114019_File6.docx214114019_File6271.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open
214114019_File7.docx214114019_File7363.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open
214114019_File8.docx214114019_File8253.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open
214114019_File9.docx214114019_File9892.73 kBMicrosoft Word XMLView/Open
214114019_FileFullText.docx214114019_FileFullText2.17 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.