Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1764
Title: KEMAMPUAN BERPIKIR INDUKSI DAN DEDUKSI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Authors: SARI, KARINA
Keywords: Kemampuan Berpikir induksi dan deduksi
Motivasi Belajar Fisika
Issue Date: 28-Jul-2020
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 16 PEND.FIS 2020
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah motivasi belajar fisika siswa dapat meningkat dengan menggunakan metode berpikir induksi dan deduksi. Penelitian ini bersifat Literatur sehingga sumber data yang di ambil yaitu dari beberapa jurnal yang terkait dengan judul penelitian .Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Universitas Muslim Nusantara Al-washliyah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Hasil analisis menunjukkan ada peningkatan motivasi belajar pada siswa bila menggunakan metode berpikir induksi dan deduksi. Siswa dapat menguasai secara tuntas topik-topik yang dibicarakan karena adanya tukar pendapat antar individu sehingga didapatkan suatu kesimpulan akhir. Siswa juga dapat langsung diaplikasikan kedalam soal-soal atau masalah yang konkrit dari rumus-rumus yang diperoleh. Siswa berpikir kritis karena selalu di pancing untuk mengeluarkan ide-ide. Siswa menjadi lebih aktif dan saling berinteraksi satu sama lain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kemampuan berpikir induksi dan deduksi maka semakin tinggi pula motivasi belajar fisika siswa.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1764
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER SKRIPSI KARINA.docxCOVER, LEMBAR PERSETUJUAN, DAFTAR ISI, KATA PENGANTAR DAN ABSTRAK122.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB 1.docxBAB I27.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II43.73 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III30.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docxBAB IV2.53 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docxBAB V19.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.