Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1889
Title: PERBEDAAN KEMMAPUAN SPASIAL DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN RME DAN KOOPERATIF TYPE STAD DI SMP NEGERI 17 MEDAN
Authors: PEPIKA, NENI
Keywords: Perbedaan Pembelajaran
Pendekatan RME
Kooperatif Tipe STAD
Kemampuan Spasial
Self-Efficacy
Issue Date: 27-Aug-2021
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 03 PPS PEND.MM 2021
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan Kemampuan Spasial dan Self-Efficacy dan interaksi Kemampuan Awal siswa dengan Model Pembelajran di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan dalam mempelajari materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperiment. Penelitian melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Kelas eksperimen-1 dengan menggunakan Pendekatan RME dan kelas eksperimen-2 dengan mengguakan Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini dilakukan dengan bekerja sama antara peneliti dan guru matematika kelas VIII SMP Negeri 17 Medan. Sampel penelitian terdiri dari 70 siswa yang terbagi menjadi dua kelas. 35 Siswa kelas RME dan 35 kelas STAD. Temuan dalam penelitian ini, yaitu berdasarkan hasil perhitungan secara keseluruhan kelompok data RME menunjukkan perbedaan kemampuan spasial dengan rerata 73,42 dengan standar deviasi16,29 sedangkan untuk kelompok STAD sebesar67,14 dengan standar deviasi19,39. Hipotesis yang dilakukan uji ANAVA terlihat bahwa untuk factor model pembelajaran, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.009 karena ini signifikansi lebih kecil darinilai taraf signifikansi 0,05, maka Ho ditolak. Sedangkan untuk factor pembelajaran dan KAM, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,202. Karna nilai signifikansi lebih besar dari bilai taraf signikan 0,05 maka Ho diterima. Sedangkan untuk kemampuan Self-Efficacy Hipotesis yang dilakukan uji ANAVA terlihat bahwa untuk factor model pembelajaran, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,087 karena nilai signifikansi lebih besar dari nilai taraf signifikan 0,05, maka Ho diterimah. Sedangkan untuk factor pembelajaran dan KAM, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,528. Karena nilai signifikansi lebih besar dari nilai taraf signifikan 0,05, maka Ho diterimah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan spasial siswa yang di ajarkan dengan kelas RME dan kelas STAD tetapitidak terdapat interaksi antara model pembelajran dan kemampuan awal siswa, sedangkan untuk kemampuan self-efficacy siswa tidak terdapat perbedaan kemampuan antara siswa yang diajarkan dengan kelas RME dankelas STAD dan tidak terdapat interaksi antata model pembelajaran dan kemampuan awal siswa.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1889
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docCOVER86 kBMicrosoft WordView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docLEMBAR PERSETUJUAN92 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI26.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK21.73 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I56.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II80.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III71.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docxBAB IV93.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V43.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA60.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.