Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3225
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSamosir, Theresia Irnawaty-
dc.contributor.authorSalayan, Madyunus-
dc.date.accessioned2023-10-23T04:03:03Z-
dc.date.available2023-10-23T04:03:03Z-
dc.date.issued2023-06-27-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3225-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dan pengaruh gaya belajar visual, auditori dan kinestetik terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil perhitungan kelompok gaya belajar visual menunjukkan perbedaan kemampuan berpikir kreatif dengan rerata 73,42 dengan standar deviasi 9,54, auditori reratanya 67,14dengan standar deviasi 9,43, dan kinestetik reratanya 67,14dengan standar deviasi 7,11. Berdasarkan nilai rata-rata dari kedua kemampuan yang telah diuji maka kelompok gaya belajar visual yang lebih tinggi dibandingkan kelompok gaya belajar auditori dan kinestetik. Lalu pengujian hipotesis dilakukan dengan uji ANOVA untuk melihat faktor gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif. Diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,007.Karena nilai sig. 0,007 <α= 0,05, maka H_(0_1 ) ditolak. Untuk faktor gaya belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, karena nilai sig. 0,000 <α= 0,05, maka H_(0_2 ) ditolak. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis disimpulkan terdapat perbedaan pada gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan juga terdapat perbedaan pada gaya belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis untuk melihat pengaruh gaya belajar siswaterhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji MANOVA. Diperoleh nilai signifikannya 0,000 maka Sig. 0,000 < α = 0,05 sehinggaH_(a_3 ) diterima dan H_(0_3 ) ditolak. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa gaya belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah di SMK Negeri 1 Kisaran dengan kontribusi sebesar 16,9 % dan 83,1 % lagi dipengaruhi oleh faktor lain.Penelitian ini merekomendasikan tipe visual dan tipe auditori untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan kemampuan pemecahan masalah.en_US
dc.publisherPASCASARJANA PENDIDIKAN MATEMATIKA 02 2023 PPS PEND.MMen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kreatifen_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.subjectGaya Belajaren_US
dc.titlePERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DANKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 KISARANen_US
dc.title.alternativeTESISen_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK48.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I738.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II413.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III309.56 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docxBAB IV2.98 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docxBAB V48.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER123.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI56.89 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA51.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR47.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN33.38 MBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN.docxTANDA PERSETUJUAN127.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.