Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4516
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MIS AL-HUSNA MARINDAL 1 TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Authors: Putri, Echa Junaini
201434005
Keywords: PengembanganBahan Ajar
Etnomatematika
HasilBelajar
Issue Date: 9-Jul-2024
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 38 PGSD 2025
Abstract: Bahan ajar adalah bahan yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelaaran yang berisi suatu materi, metode pembelajaran, serta cara menge valuasi yang dirancang dengan sistematis dan semenarik mungkin untuk menarik mencapai kompetensi pembelajaran. Namun kenyataannya pembelajaran matematika masih banyak menggunakan buku cetak yang sulit dimengerti dan membuat siswa merasa bosan saat pembelajaran berlagsung serta guru belum membuat bahan ajar berbasis etnomatematika yang membuat siswa lebih mudah mengerti pembelajaran tersebut karena dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis etnomatematika yang layak, praktis, dan efektik dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas V MIS Al-Husna Marindal 1.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiridari 5 tahapyaitu : Analysis (Analisis), Design (Perancanangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).Subjekdalampenelitianiniadalahahlibahan ajar, AhliMateridansiswa/i MIS Al-HusnaMarindal 1.Padatahap analysis (analisis) yaitumelakukananalisisterhadapkebutuhansiswa, karaktersiswa, dananalisistentangetnomatematika.Padatahap design (perancangan) penelitimelakukanbeberapatahapyaitumembuatsampul/cover bahan ajar, menyusunmateri, menggabungkanmateridengangambar - gambar. Lalupadatahap development (pengembangan) yaituskorvalidasibahan ajar olehtelaahahlibahan ajar yang menunjukkanbahwabahan ajar yang dikembangkanmencapaipresentasekelayakansebesar 92,8%dengankategori “ SangatLayak”. Hasilskorvalidasiahlimaterimenunjukkanbahwamateridalambahan ajar inimencapaipersentasekelayakansebesar 90%dengankategori “ SangatLayak”sehinggadapatdisimpulkanbahwabahan ajar yang dikembangkandinyatakan valid danlayakdigunakan. Berdasarkanresponsiswaterhadapbahan ajar yang digunakanmencapaipersentasesebesar 81,11%dengankategori “Praktis” yang menunjukkanbahan ajar tersebutprakisdigunakansaat proses pembelajaran. Dan Berdasarkanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatansetelahmenggunakanbahan ajar berbasisetnomatematika yang mencapaipersentasesebesar 75,44%dengankategori “Efektif” digunakanpadasaat proses pembelajaran. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwabahan ajar berbasisEtnomatematikavalid, praktis, danefektifdalammeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematikadenganmateriBangunRuang di kelas V MIS Al-HusnaMarindal 1.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4516
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK699.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docx
  Restricted Access
BIODATA MAHASISWA638.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
COVER.docxCOVER241.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI22.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA27.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR661.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN2.81 MBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN498.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I105.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II686.65 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III162.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV2.17 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docxBAB V105.32 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.