Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4516
Title: | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MIS AL-HUSNA MARINDAL 1 TAHUN PELAJARAN 2023/2024 |
Authors: | Putri, Echa Junaini 201434005 |
Keywords: | PengembanganBahan Ajar Etnomatematika HasilBelajar |
Issue Date: | 9-Jul-2024 |
Publisher: | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 38 PGSD 2025 |
Abstract: | Bahan ajar adalah bahan yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelaaran yang berisi suatu materi, metode pembelajaran, serta cara menge valuasi yang dirancang dengan sistematis dan semenarik mungkin untuk menarik mencapai kompetensi pembelajaran. Namun kenyataannya pembelajaran matematika masih banyak menggunakan buku cetak yang sulit dimengerti dan membuat siswa merasa bosan saat pembelajaran berlagsung serta guru belum membuat bahan ajar berbasis etnomatematika yang membuat siswa lebih mudah mengerti pembelajaran tersebut karena dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis etnomatematika yang layak, praktis, dan efektik dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas V MIS Al-Husna Marindal 1.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiridari 5 tahapyaitu : Analysis (Analisis), Design (Perancanangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).Subjekdalampenelitianiniadalahahlibahan ajar, AhliMateridansiswa/i MIS Al-HusnaMarindal 1.Padatahap analysis (analisis) yaitumelakukananalisisterhadapkebutuhansiswa, karaktersiswa, dananalisistentangetnomatematika.Padatahap design (perancangan) penelitimelakukanbeberapatahapyaitumembuatsampul/cover bahan ajar, menyusunmateri, menggabungkanmateridengangambar - gambar. Lalupadatahap development (pengembangan) yaituskorvalidasibahan ajar olehtelaahahlibahan ajar yang menunjukkanbahwabahan ajar yang dikembangkanmencapaipresentasekelayakansebesar 92,8%dengankategori “ SangatLayak”. Hasilskorvalidasiahlimaterimenunjukkanbahwamateridalambahan ajar inimencapaipersentasekelayakansebesar 90%dengankategori “ SangatLayak”sehinggadapatdisimpulkanbahwabahan ajar yang dikembangkandinyatakan valid danlayakdigunakan. Berdasarkanresponsiswaterhadapbahan ajar yang digunakanmencapaipersentasesebesar 81,11%dengankategori “Praktis” yang menunjukkanbahan ajar tersebutprakisdigunakansaat proses pembelajaran. Dan Berdasarkanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatansetelahmenggunakanbahan ajar berbasisetnomatematika yang mencapaipersentasesebesar 75,44%dengankategori “Efektif” digunakanpadasaat proses pembelajaran. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwabahan ajar berbasisEtnomatematikavalid, praktis, danefektifdalammeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematikadenganmateriBangunRuang di kelas V MIS Al-HusnaMarindal 1. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4516 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 699.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA MAHASISWA.docx Restricted Access | BIODATA MAHASISWA | 638.93 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
COVER.docx | COVER | 241.37 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 22.72 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 27.98 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 661.46 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 2.81 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PERSETUJUAN | 498.51 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx | BAB I | 105.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB II.docx | BAB II | 686.65 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB III.docx | BAB III | 162.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 2.17 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx | BAB V | 105.32 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.