Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4718
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLISNAWATI-
dc.contributor.author221314005-
dc.contributor.authorSiregar, Disna Anum-
dc.date.accessioned2025-06-23T04:11:02Z-
dc.date.available2025-06-23T04:11:02Z-
dc.date.issued2025-01-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4718-
dc.description.abstractPenelitian Tindakan kelas pada siswa kelas XI Teknik Permesinan-2 SMK PAB Helvetia Medan yang dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukkan rendahnya motivasi belajar siswa, yang dilihat dari 35 siswa, hanya 14 siswa (40%) yang tuntas atau mendapatkan nilai 75 keatas ata sesuai KKM. Hal ini menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan Pancasila dan motivasi belajar siswa sejalan dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui penerapan model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan media animasi dapat meningkatkan motivasi belajar di kelas XI SMK PAB 1 Helvetia. 2) Untuk mengetahui cara menerapkan model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan media animasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas XI SMK PAB 1 Helvetia. 3) Untuk mengetahui motivasi belajar di kelas XI SMK PAB 1 Helvetia Medan ketika diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan media animasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Peneitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitain dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atasn perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi, refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Permesinan-2 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara yaitu mtivasi belajar siswa kelas XI Teknik Permesinan SMK Swasta PAB 1 Medan Helvetia ketika diterapkan model pembelajaran project based learning meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I adalah 74,6 dengan kriteria, dan hanya 12,5% (4 orang) mencapai nilai tinggi. Pada siklus II rata-rata perolehan nilainya adalah 84 dengan kriteria penilaian tinggi, dan sebanyak 56,25% (18 orang) sudah mencapai kriteria tinggi. Sehingga terjadi peningkatan rata-rata kriteria keberhasilan sebesar 43,75%. Dan pada siklus III rata-rata perolehan nilainya adalah 90,32 dengan kriteria penilaian tinggi, dan sebanyak 81,25% (26orang) sudah mencapai kriteria tinggi. Sehingga terjadi peningkatan rata-rata kriteria keberhasilan motivasi belajar sebesar 25%. Karena siswa sudah mencapai indikator keberhasilan minimal 75% maka penerapan model project based learning di hentikan. Dan selama penerapan pembelajaran project based learning motivasi belajar siswa semakin meningkat.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 05 PPKN 2025en_US
dc.subjectModel pembelajaran project based learningen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectMedia Animasien_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PJBL) DENGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA SMK PAB 1 HELVETIAen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
221314005_File1.docx221314005_File1409.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open
221314005_File2.docx221314005_File2208.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open
221314005_File3.docx221314005_File3181.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
221314005_File9.docx
  Restricted Access
221314005_File98.83 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
221314005_Fulltext.docx
  Restricted Access
221314005_Fulltext48.97 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
221314005_File4.docxBAB I157.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open
221314005_File5.docxBAB II208.64 kBMicrosoft Word XMLView/Open
221314005_File6.docxBAB III202.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
221314005_File7.docx
  Restricted Access
BAB IV278.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
221314005_File8.docxBAB V143.12 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.