Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/747
Title: | “PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2018/2019” |
Authors: | SEMBIRING, KRISTINA |
Keywords: | Model pembelajaran Think Pair Share Pembelajaran Konvensional |
Issue Date: | 1-Aug-2019 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 87 PENDEK 2019 |
Abstract: | Keberhasilan belajar yang dipengaruhi oleh faktor sekolah di antaranya adalah faktor kreatifitas guru dalam menggunakan metode dalam proses pembelajaran, guru berharap peserta didik tidak hanya dapat menguasai materi bahan ajar saja tetapi juga berharap peserta didik juga dapat berpartisipasi atau berperan aktif dalam kegiatan belajar demi kesuksesan mencapai tujuan pembelajaran. Selain metode Konvensional dapat juga menggunakan model Think Pair Share. Dalam penelitian ini metode yang di gunakan adalah metode penelitian Eksperimen. Variabel bebas merupakan model pembelajaran Think Pair Share dan Konvensional, sedangkan variabel terikat merupakan tes hasil belajar ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Sampel yang diguakan dalam penelitian ini yaitu 2 kelas Skripsi ini berjudul “Perbandingan model pembelajaran think pair share dan konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2018/2019”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model Pembelajaran Think Pair Share dan Konvensional pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang berbentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang di ambil dari buku ekonomi kelas X. Penelitian ini di gunakan perhitungan statistik dengan uji t hipotesis yaitu uji kesamaan dua rata-rata dengan dua pihak. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata posttest hasil belajar ekonomi siwa kelas eksperimen sebesar 72,97 dengan simpangan baku 111,41 dan nilai rata-rata hasil posttest hasil ekonomi pada belajar kelas kontrol sebesar 64,37 dengan simpangan baku 9,67. Setelah di berikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen di berikan perlakuan model pembelajaran Think Pair Share dan kelas kontrol diberikan perlakuan Konvensional. Diperoleh kesimpulan bahwa pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share memperoleh nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan Konvensional. Hal ini dapat di ketahui dan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa dimana rata-rata kelas eksperimen diperoleh sebesar 72,97 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 64,37. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/747 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER .docx | COVER | 94.07 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
halaman persetujuan.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 16.87 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI baru.docx | DAFTAR ISI | 21.13 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 20.25 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 19.7 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I..docx Restricted Access | BAB I | 18.31 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 51.33 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 27.51 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 29.89 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 16.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 13.63 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiran.docx | LAMPIRAN | 28.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA | 41.34 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.