Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4314
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIREGAR, ELFRIDA-
dc.contributor.author187115016-
dc.contributor.authorZahari, Cut Latifah-
dc.date.accessioned2025-01-09T07:33:45Z-
dc.date.available2025-01-09T07:33:45Z-
dc.date.issued2022-07-22-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4314-
dc.description.abstractPenenlitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran Realistik. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Realistik3) Untuk mendeskripsikan kevalidan perangkat pembelajaran yang didkembangkan berbasis Realistikterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar peserta didik. 4) Untuk mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Realistikterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar peserta didik. 5) Untuk menemukan perangkat pembelajaran berbasis Realistikyamg efektifterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan pengembangan menggunakan model pengembangan dick and carey yang telah dimodifikasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Adapun instrument yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah, angket kemandirian peserta didik, angket respon siswa, lembar keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan, dan lembar observasi guru. Dari hasil uji coba satu dan uji coba II diperoleh: 1)terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran realistik yang dikembangkan. Pada hasil uji coba I dan hasil uji coba II yaitu sebesar 13,52% 2) terdapat peningkatan peningkatan kemandirian belajar peserta didik yang di ajar dengan menggunakan perangkat Pembelajaran yang dikembangkan. Pada hasil uji coba I dan hasil uji coba II yaitu sebesar 9,8%. 3) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Realistik telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kriteria masing – masing.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Matematika 04 2025 PPS PEND.MMen_US
dc.subjectpengembangan perangkat pembelajaran matematikaen_US
dc.subjectpembelajaran berbasis realistiken_US
dc.subjectpemecahan masalah, kemandirian belajaren_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHANMASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJARSISWA SMP SWASTA CERDAS MANDIRIen_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1. COVER.docxcover4.51 MBMicrosoft Word XMLView/Open
2. TANDA PERSETUJUAN TESIS.docxTANDA PERSETUJUAN TESIS296.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3. SURAT PERNYATAAN.docxSURAT PERNYATAAN337.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
4. ABSTRAK.docxABSTRAK354.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
5. KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR214.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open
6. DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI25.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open
12. DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA216.12 kBMicrosoft Word XMLView/Open
13. Lampiran.docxLampiran2.84 MBMicrosoft Word XMLView/Open
14. BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA301.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open
7. BAB I.docxBAB I301.64 kBMicrosoft Word XMLView/Open
8. BAB II.docxBAB II279.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open
9. BAB III.docxBAB III309.89 kBMicrosoft Word XMLView/Open
10. BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV1.48 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
11. BAB V.docxBAB V214.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.